ILO: Stimulus Hanya Tekan Pengangguran 0,5%

VIVAnews - Organisasi Buruh International (ILO) memprediksi pada pertengahan 2009, jumlah penggangguran terbuka akan meningkat menjadi 8,87 persen akibat krisis.

"Angka tersebut diasumsikan tanpa adanya paket stimulus dari pemerintah," kata Direktur Deputi ILO Jakarta Peter van Rooij dalam diskusi Dampak Krisis Global terhadap Kondisi Ketenagakerjaan di Indonesia di Jakarta, Jumat 23 Januari 2009.

Peter mengatakan, dengan adanya paket stimulus yang sudah dilancarkan pemerintah, kenaikan tingkat pengangguran tersebut akan terredam 0,5 persen menjadi 8, 34 persen pada Agustus 2009. "Tahun ini akan menjadi tantangan berat bagi pemerintah, meskipun Indonesia relatif lebih sedikit terkena dampak krisis dibandingkan negara lain," katanya. 

Menurut Peter pemerintah akan mendapat tugas berat, karena pada tahun ini 2 juta orang akan kehilangan pekerjaan, meski pemerintah sempat menyatakan akan membuka 2,5 juta lapangan kerja baru melalui paket stimulus dan pertumbuhan ekonomi. "Apalagi ditambah dengan harga komoditas yang jatuh, menyebabkan industri yang berbasis ekspor kolaps," ujarnya.

Namun, Peter optimistis Indonesia akan cepat pulih dengan dukungan pemerintah yang baik. Menurut dia, saat ini waktu yang tepat untuk investasi infrastruktur dan industri ramah lingkungan.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat
Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Pengakuan Jay Izdes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

Dua pertandingan bersama Timnas Indonesia, sudah cukup bagi Jay Idzes mengetahui sosok ini bukan pemain sembarangan di Timnas Indonesia. Siapa dia?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024