Rumah Bersalin Gratis Warga Miskin

VIVAnews - Saat ini masyarakat tidak perlu khawatir lagi lantaran tidak dapat melahirkan di rumah sakit lantaran mahalnya biaya persalinan.

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran

Kini, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat miskin, sejak tahun 2006 Rumah Zakat Indonesia (RZI) menghadirkan Rumah Bersalin Gratis (RBG) di 6 kota besar  di Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Medan, dan Surabaya.

Fasillitas tersebut bertujuan meringankan beban serta menarik minat masyarakat yang kurang mampu terhadap pentingnya pemeliharaan kesehatan kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan termasuk perencanaan keluarga. Pada tahun 2009 ini, RZI akan mendirikan RBG baru di 4 kota.

Bentuk pelayanan gratis yang diberikan RBG meliput, pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pemeriksaan kesehatan ibu nifas, pemberian vitamin dan suplemen bagi ibu, pemberian makanan bergizi bagi ibu, KB (Keluarga Berencana), pemeriksaan kesehatan bayi, pemberian vitamin untuk bayi, pemberian makanan tambahan bagi bayi, pemberian Imunisasi, pelayanan kesehatan umum, dan khitanan.

Layanan RBG meningkat hingga 61%, dengan bertambahnya jumlah persalinan dari 592 (2007) menjadi 1512 (pertengahan Desember 2008). Satu RBG didukung oleh 5 dokter, manajemen serta 14 bidan terlatih.

Layanan Bersalin Gratis (LBG) dapat diakses di kota yang tidak memiliki RBG di 20 lokasi LBG, hasil sinergi RZI dengan bidan-bidan mitra profesional di 15 kota. RBG juga menjadi sentra layanan pengantaran pasien dan jenazah secara gratis, 35 ambulans dan 11 mobil klinik keliling yang tersebar di seluruh kantor cabang RZI, telah melayani 11.555 pasien.

Layanan bagi ibu hamil dimulai sejak kehamilan berumur 7 bulan, dimana ibu hamil yang sudah terdaftar mendapat pelayanan kesehatan kehamilan minimal sebulan sekali.

Untuk memantau pertumbuhan serta kesehatan bayi dalam kandungan, RBG juga memberikan pelayanan Ultrasonografi (USG). RBG Bandung dan Yogyakarta layanan USG diberikan rutin setiap bulannya, sementara untuk cabang-cabang lain bekerjasama dengan Rumah Sakit setempat.

Hasil rekapitulasi pelayanan RBG secara nasional sampai dengan Desember 2008  untuk program pengantaran tercatat: Total Pengantaran seperti Pengantaran Jenazah, Pengantaran Pasien, Pengantaran Baksos sebanyak 25.746 pengantaran.

Sementara itu, penerima manfaat dari Layanan Bersalin Gratis seperti Layanan Bersalin 2.017 orang, Layanan Kesehatan Ibu dan Anak 31.937 orang, Layanan Kesehatan Umum 27.734 orang.

Layanan ini diberikan sebagai salah satu bentuk optimalisasi dana zakat, infak, dan shodaqoh. Meskipun layanan ini gratis diberikan kepada keluarga kurang mampu, namun pelayanannya tetap prima dan professional.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Wira

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Tiga orang yang diduga membunuh R (35), wanita yang ditemukan tewas dengan wajah hancur di Dermaga Ujung Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan ditangkap. R diketahui warga

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024