Bapepam: Dana Antaboga Bisa Lari ke Eropa

VIVAnews - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) menilai bisa saja aliran dana milik nasabah PT Antaboga Delta Sekuritas dilarikan ke Eropa.

"Ya mungkin, kan orang bisa saja pergi ke Eropa dan mengalirkan dana tersebut," kata Kepala Biro Pemeriksaan dan Penyidikan Bapepam-LK Sarjito di kantornya, Jumat, 23 Januari 2009.

Sarjito juga mengatakan, dana milik nasabah Antaboga yang diperkirakan mencapai triliunan rupiah tersebut bisa saja digunakan membeli sesuatu oleh pihak yang melarikannya. "Mengalir deh dana itu," ujar Sarjito.
 
Sarjito mengakui, selama ini Bapepam terus berkoordinasi dan intensif berkomunikasi dengan Kepolisian RI. "Tapi, sementara ini saya belum bisa ngomong dulu," kata dia. 

Sebelumnya, hasil penelusuran Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menunjukkan bahwa Robert Tantular, pemilik Antaboga Delta Sekuritas telah mentransfer dana nasabah ke satu negara di Eropa.

"Robert Tantular menyalurkan duit tersebut ke luar negeri," ujar Ketua PPATK Yunus Husein kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis malam, 23 Januari 2009. "Di antaranya, dana tersebut mengalir ke satu negara di Eropa."

Namun, Yunus tidak ingat persis jumlah dan kapan dana tersebut dikirimkan ke Eropa. Begitupun dengan nama bank yang mentransfer dana milik nasabah Antaboga.

PPATK dimintai bantuan oleh Bank Century dan kepolisian guna menelusuri dana nasabah produk investasi Antaboga yang digelapkan oleh pemilik perusahaan sekuritas tersebut.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024