Anis: Hanya SBY dan Mega Capres Terpopuler

VIVAnews - Keinginan memunculkan paket calon presiden dan wakil presiden di luar pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan pasangan Megawati Soekarno Putri dinilai pengamat politik sulit terwujud.

"Persyaratan calon presiden harus didukung 20 persen suara itu akan menghentikan keinginan pasangan ketiga. Sekarang ini bila memunculkan pasangan ketiga, harus dihitung suaranya kira-kira seimbang dengan SBY dan Megawati atau tidak, " kata pengamat politik Anis Rasyid Baswedan usai menghadiri perayaan ulang tahun Taruna Merah di GOR Bulungan, Jakarta, Sabtu 24 Januari 2009.

Anis yang juga Rektor Paramadina ini mengatakan, kalau tidak memiliki suara dekati SBY dan Mega , mana ada partai yang mau mendukung. "Kan lebih baik mendukung SBY atau Megawati, daripada sekedar ramai-ramai saja. Sebelum ada calon yang mendekati suara mereka berdua, saya kira tidak akan ada partai yang mendukung," katanya.

"Untuk apa mendukung kalau hanya menjadi nomor 3. Masalah koalisi itu romantisme 10 tahun lalu. Jadi, menurut saya,  2009 tetap SBY dan Mega yang paling populer," katanya.

Hasil polling berbagai lembaga survei menunjukkan perolehan suara terhadap para calon presiden mengerucut ke dua kandidat, yakni Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarno Putri. SBY yang menjadi incumbent rata-rata mendapat dukungan 30-37 persen, sedangkan Megawati Soekarno Putri mendapat dukungan 25-20 persen.

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun
Seorang pekerja sedang mengawasi pembangunan proyek perumahan pekerja konstruksi yang nanti digunakan untuk pekerja membangun infrastruktur di IKN, Penajam Paser Utara.

Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Jtah libur mudik bagi lebih dari 13.000 pekerja konstruksi IKN itu pun telah berakhir, dan para pekerja pun mulai balik lagi ke IKN guna kembali bekerja.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024