Anak-anak Gaza Kembali Sekolah

VIVAnews – Setelah tiga pekan dicekam ketakutan, puluhan ribu anak di Gaza kembali bersekolah, Sabtu 24 Januari 2009. Mereka bermain-main untuk menghibur diri, bercerita pada teman dan guru tentang ledakan-ledakan yang mereka dengar, dan juga saudara dan kerabat yang meninggalkan mereka.

Di sebuah ruang kelas Sekolah Dasar Fakhoura milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), satu meja kosong ditempel nama murid  berusia 14 tahun yang terbunuh dalam peperangan.

Teman-teman sekelas mendiang duduk dengan raut muka sedih saat guru kelas meminta mereka menceritakan pengalaman mereka.

“Sangat berat rasanya karena biasanya saya melihat 30 orang di kelas, dan kini saya hanya melihat 27 siswa,” kata guru kelas, Bassam Salha. “Selama tiga pekan kami hidup dalam kesedihan. Saya ingin kalian, para murid, menghapus kesedihan saya.”

Di sekolah lain, seorang siswa kelas satu memungut pecahan kaca dari halaman sekolah.

Lebih dari 30 sekolah PBB rusak akibat serangan Israel. Sekolah-sekolah PBB yang memiliki sekitar 200 ribu murid itu dibuka kembali bersama dengan sekolah-sekolah umum di Gaza yang dikelola Hamas setelah kelompok militan itu menguasai Gaza, pada 2007 lalu.

Dibukanya kembali sekolah sepekan setelah gencatan senjata diberlakukan menandai kembalinya kehidupan normal bagi 1,4 juta warga Gaza.

Sekitar 280 anak menjadi korban keganasan serangan Israel yang mulai dilancarkan 27 Desember 2008. Total warga Palestina yang terbunuh berjumlah sekitar 1.285 orang. Sementara dari pihak Israel, 13 orang termasuk tiga warga sipil juga terbunuh.

“Prioritas kami adalah mengembalikan anak-anak ini ke sekolah,” kata John Ging, wakil PBB untuk wilayah Gaza yang mengurus  pengungsi. (AP)

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme
ilustrasi sholat/salat/shalat

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Manusia kerap dihadapkan dengan berbagai masalah dan ujian yang terasa berat. Dalam situasi ini, salah satu cara untuk memohon pertolongan Allah SWT dengan sholat hajat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024