Ritmis Twa Kok Tui Masih Hidup

VIVAnews -- Gemericik suara air kali Semarang, Jawa Tengah, menambah nuansa mistis dalam alunan musik itu. Ini bukan keroncong ataupun gamelan. Tapi alat tiup mirip terompet yang suaranya seperti berjumpalitan dengan tabuhan tambur dan simbal.

Pemimpin grup musik bernama Jin Hoo Tong ini adalah Tio Tiong Gi. Dia sang peniup terompet. Jangan tanya usianya, sudah 73 tahun. Nafas dan staminanya masih kuat. Dia bilang musik yang dimainkannya itu bernama Twa Kok Hui yang bersal dari negeri leluhurnya, China.

Rupanya, musik jenis Twa Kok Tui dari negeri China ini masih hidup di kampung Jagalan, Semarang. Padahal kelompok musik jenis ini di masa Orde Baru digempur habis, begitu juga saat rezim Orda Lama berkuasa di sini. Di tengah keadaan seperti itulah Tio merawat budayanya.

Menurut Tio, grup musik yang ia bentuk sejak muda sudah berulang kali bubar. "Penyebab utamanya karena kondisi politik di tanah air," katanya. Baru pada era reformasi ini grup musiknya mulai bisa muncul lagi, meski dengan kondisi yang apa adanya.

Kini dia memimpin anak dan cucunya untuk mempertahankan musik ini. Dia menggunakan sepetak tanah di samping bangunan tua bekas bengkel las untuk tempat berkumpul dan latihan.

Musik Twa Kok Tui, biasanya dimainkan pada acara-acara ritual masyarakat tionghoa. Selain itu juga pada acara-acara pawai perayaan hari besar. Apalagi pada masa-masa perayaan imleks seperti saat ini.

Kakek Tio kini rajinĀ  berlartih karena akan pentas di beberapa tempat. Alat musik yang dimainkan antara lain tropet china, tambur, dan simbal. Sebenarnya masih ada satu lagi alat musik yaitu er-hu atau biola china. Sayang, Tio tak punya penerus yang bisa main er-hu.

Tio menularkan musik twa kok tui kepada anaknya, Heri Candra. Lalu, Heri meneruskan kepada Rian, pemain tambur yang juga pemain paling kecil ini. Mereka telah tiga generasi.

Berlatih setiap hari. Biasanya pada senja hari saat para pemain lepas kerja dan sekolah. Mereka berharap seni musik tradisional china ini bertahan, dan menjadi salah satu kekayaan budaya di Indonesia.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno (ANTV) | Semarang

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024