Semburan Lumpur Mataloko

Semburan di Mataloko Bukan Lumpur Panas

VIVAnews - Bukan lumpur panas yang menyembur di salah satu sumur pembangkit listrik tenaga panas bumi Mataloko, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang


"Tidak ada semburan lumpur panas. Yang ada hanya uap panas dan tidak membahayakan," kata anggota Tim Geologi Bandung, Kaswani, Selasa 27 Januari 2009.

Menurutnya, semburan uap tersebut terjadi karena adanya tekanan dari bawah tanah yang telah bercampur dengan air sehingga menimbulkan lumpur panas di permukaan sumur gas.  Semburan seperti air mendidih karena tekanan gas di bawah permukaan tanah makin besar akibat masuknya air ke dalam sumur.

Meski demikian, tim geologi Bandung berjanji untuk tetap membawa sample uap air untuk dilakukan pemeriksaan. Tim mengimbau kepada masyarakat untuk tidak resah.

Diungkapkan Kaswani, semburan akan berkurang saat musim kemarau tiba. Menurut dia, uap air yang disemburkan, dipastikan tidak merusak lingkungan, tidak berbahaya bagi tanaman pertanian, perkebunan maupun kesehatan masyarakat sekitar. "Tidak ada zat kimia. Ini fenomena alam biasa. Tetapi kami akan terus guna melakukan proteksi agar semburan tidak keluar dari zona yang telah ditetapkan," kata Kaswani.

Pekan lalu, Bupati Ngada, Piet Nuwa Wea meminta bantuan pemerintah pusat untuk untuk menutup semburan lumpur panas itu. Permintaan ini menyusul banyaknya warga yang menderita penyakit kulit dan saluran pernapasan setelah menghirup udara yang telah bercambur bau gas dan belerang dari sekitar lokasi semburan. Sedikitnya 500 warga berdomisili disekitar lokasi semburan. Tinggi semburan lumpur mencapai 1,5 meter dan telah membentuk kawah seluas kurang lebih 100 meter persegi.

Pengeboran panas bumi  di Mataloko bertujuan untuk membangkitkan turbin listrik untuk menyuplai kebutuhan listrik di sebagian Flores. Pengeboran dilakukan sejak tahun 2005 lalu, namun hingga kini listrik panas bumi tersebut belum berfungsi.

Laporan: Jemris Fointuna|Kupang

Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024