Kupang Kota Terkorup

Walikota Akui Banyak Pungutan Liar

VIVANews - Kota Kupang dinyatakan sebagai kota terkorup dalam survei yang dilakukan lembaga Transparansi Internasional Indonesia. Wali kota Kupang, Daniel Adoe, menyangsikan hasil survei yang diumumkan pekan lalu.

"Saya tidak bisa sangkal bahwa tidak ada korupsi, juga saya tidak bisa sangkal bahwa laporan TII itu salah. TII tentunya memiliki hasil survei yang akurasinya bisa mereka jamin," kata Daniel di kantornya, Kupang, Kamis 29 Januari 2009.

Menurutnya, setiap lembaga berhak melakukan survei. Namun, hasil survei TII tidak dapat dijadikan tolak ukur. "TII itu bukan sebuah lembaga audit negara yang dijadikan sebagai indikator," ujarnya.

Menurutnya, hasil survei tersebut harus diuji dulu kebenarannya. Namun Pemkot Kupang tidak akan mempolemikkan hasil survey TII. "Ini sebuah masukan positif yang dijadikan sebagai cambuk untuk berbenah diri," katanya.

Meski demikian, Daniel mengaku prilaku koruptif marak terjadi di kotanya. Para bawahannya masih sering melakukan pungutan liar saat mengurusi perijinan dari suatu institusi.

Pungutan itu, lanjut Daniel, seperti pengurusan ijin mendirikan bangunan. Oknum Pemkot Kupang berani mematok harga Rp 8 juta kepada pihak yang ingin mengurus ijin tersebut. "Tapi saya belum tahu siapa orangnya," jelasnya.

Untuk mencegah pungutan liar ini, menurut Daniel, pihaknya telah membentuk Badan Pelayanan Perijinan terpadu. Pemkot juga telah menggandeng sejumlah lembaga dari luar negeri untuk melakukan pembenahan aparatur pelayan publik. "Rencananya pada Mei 2009 sudah bisa beroperasi," jelasnya.

Dalam survei TII itu, Yogyakarta menjadi kota terbersih dari korupsi dan mendapatkan nilai tertinggi yakni 6,43. Kota terbersih kedua ditempati oleh Palangkaraya yang meraih nilai 6,1; Banda Aceh dengan nilai 5,87; Jambi dengan nilai 5,57; dan Mataram yang memperoleh nilai 5,41.

Dalam survei ini, Kota Kupang menduduki posisi paling buncit alias menyandang kota terkorup. Kupang hanya meraih nilai 2,97. Di atas Kupang diduduki Kota Tegal dengan nilai 3,32; disusul Manokwari (3,39), Kendari (3,43), dan Purwokerto (3,54).

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Laporan: Jemris Fointuna | Kupang

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024