Hidup Lebih Sehat dengan Tidur Siang

VIVAnews – Telah bertahun-tahun  di dunia yang serba sibuk ini, tidur siang dicemooh sebagai sifat malas. Apalagi bila kita kepergok tertidur atau lelap sesaat di tengah kerja.

Mantan Taylor Swift Matty Healy Buka Suara Soal Album Terbaru The Tortured Poets Department

Tapi belakangan tidur siang mendapatkan perhatian baru, akibat bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa tidur di siang hari bisa meningkatkan ketajaman mental dan kesehatan secara keseluruhan.

Hasil penelitian terakhir menunjukkan tidur siang mendorong kreativitas, kewaspadaan, mood dan produktivitas yang lebih baik pada jam berikutnya setelah bangun.

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Tidur siang selama 60 menit meningkatkan kewaspadaan selama 10 jam. Riset pada pilot menunjukkan 26 menit tidur siang dalam pesawat, sementara pesawat dikemudikan oleh copilot, meningkatkan performa pilot 34 persen dan tingkat kewaspadaan 54 persen.

Hasil penelitian Hardvard yang dipublikasikan tahun lalu menunjukkan tidur siang 45 menit meningkatkan memori dan kemampuan belajar. Tidur siang juga mengurangi stress dan menurunkan resiko serangan jantung dan stroke, diabetes, dan kegemukan.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

Tidur siang sesingkat apapun tetap lebih baik daripada tidak sama sekali. Studi tahun 2008 di Dusseldorf bahwa tidur bisa memicu proses aktif memori yang akan tetap efektif meski tidur hanya beberapa menit saja.

Tahun lalu, penelitian di Inggris menunjukkan bahwa tidur siang cukup untuk menurunkan tekanan darah.

Menurut Harian The Guardian Inggris, tidur siang membuat tubuh lebih sehat, otak lebih cerdas, dan lebih aman. Tapi untuk memahami tidur siang yang terbaik, kita perlu mengetahui tubuh kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya