Kejahatan Dunia Maya

Lost, Serial Tersering Dibajak Januari 2009

VIVAnews - Musim kelima dari serial populer Lost baru saja ditayangkan di jaringan televisi Amerika Serikat dengan dua episode terbarunya. Dengan jumlah download mendekati 2 juta kali untuk setiap episode hanya dalam hitungan hari, serial tersebut memuncaki peringkat pertam daftar serial TV yang paling banyak dibajak lewat BitTorrent.

Setiap minggu, TorrentFreak mencatat serial TV yang paling banyak di-download pada platform BitTorrent. Secara tradisi, Lost memang salah satu serial yang paling laris. Tahun sebelumnya, Lost merupakan serial televisi yang paling banyak didownload sepanjang tahun 2008. “Kami perkirakan, tayangan itu akan menempati posisi yang sama di tahun 2009 ini,” ucap Ernesto, pendiri TorrentFreak.

Tahun ini, Lost mulai memasuki musim ke lima, dan sampai akhir Januari lalu sudah tertayang sebanyak dua episode. Kedua episode itu langsung beredar di Internet dan didownload nyaris sebanyak 2 juta kali dalam minggu pertama pemunculannya. Dan seperti biasa, sebagian besar pendownload serial televisi tersebut bertempat tinggal di luar Amerika Serikat di mana serial itu baru akan ditayangkan di televisi lokal negara mereka sekitar setahun setelah penayangan resminya.

Meningkatnya download ilegal terhadap siaran televisi merupakan sinyal bahwa penonton menginginkan sesuatu yang tidak tersedia di channel televisi mereka. Semuanya lebih ke alasan ketersediaan, dan melihat fakta bahwa konten bajakan tersebut beredar bebas di Internet, industri seharusnya melihat itu sebagai peluang, bukan ancaman. Seperti hukum yang berlaku, “Semakin banyak larangan, akan semakin banyak pembajakan.” 

Data mengenai episode serial televisi terakhir yang paling banyak dibajak dikumpulkan oleh TorrentFreak sebagai sampel yang mewakili di situs-situs BitTorrent dan hanya untuk informasi dan referensi. Berkat kerjasama dengan ShowInsider, TorrentFreak juga kini dapat membuat daftar berdasarkan jumlah download (bukan hanya episode terbaru) dari seluruh episode di minggu sebelumnya.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024