Aplikasi Riasan Mata

VIVAnews – Anda tentu sudah sering mendengar ungkapan mata adalah jendela hati. Riasan mata yang ekspresif bisa juga bisa menjadi kesan awal untuk penampilan Anda.

Jika salah menerapkan eye make-up, mata Anda justru akan terlihat tidak hidup dan bersinar. Kesalahan pada saat mendandani mata yang sering terjadi adalah pemilihan gaya riasan mata. Gaya riasan yang menjadi tren belum tentu cocok untuk semua bentuk mata dan wajah.

Pemilihan formula produk yang tepat yang menjadi penentu berhasil tidaknya riasan Anda. Jika produk yang Anda pilih tak tepat, salah-salah mata Anda justru terlihat seperti bengkak.

Bagaimana langkah yang benar agar dandanan mata membuat Anda tampil lebih memikat? Simak tips dari Bobbi Brown, ahli tata rias sekaligus pemilik merk make-up ternama Bobbi Brown Cosmetics.

Langkah pertama: Temukan formula riasan yang tepat
Saat ini produk make up bisa didapatkan dalam berbagai bentuk. Mulai yang padat, krim, hingga cair dan gel. Masing-masing produk punya kelebihan dan kekurangan. Temukan produk yang tepat untuk jenis kulit Anda.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Krim: Make-up berupa krim bisa dipakai dengan cara menggunakan ujung jari tangan atau pun dengan kuas. Produk jenis ini bisa menghasilkan riasan yang halus hingga ke lipatan kelopak mata. Tapi jangan gunakan pada saat udara lembab dan panas yang membuat kulit berkeringat. Karena produk krim akan mudah luntur pada kulit yang basah dan licin.

Stik: Produk make-up stik berbentuk seperti pensil atau krayon. Bentuknya yang praktik memudahkan Anda memulaskannya di bagian mata seperti menggambar biasa.Saat menggunakan produk stik, pastikan pencahayaan ruangan cukup terang, sehingga Anda bisa membuat garis atau bayangan secara tepat. Jika pensil sudah kurang tajam, gunakan peruncing pensil.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Bubuk: Make-up berbentuk bubuk juga menghasilkan riasan yang halus. Tapi menggunakannya harus hati-hati karena mudah terbang dan sulit dikontrol. Gunakan kuas dengan ukuran yang tepat supaya riasan Anda lebih rapi.

Padat: Kosmetik berupa krim padat menjadi produk yang paling disukai karena formulanya yang mudah menempel pada kuas maupun kulit. Sehingga lebih mudah diaplikasikan untuk berbagai jenis kulit.
 
Langkah kedua: Tentukan palet warna pilihan

Riasan mata yang lengkap biasanya terdiri atas warna dasar, eye shadow, dan eyeliner. Arsiran warna untuk membuat highlights dan maskara digunakan sebagai sentuhan akhir riasan.

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Dasar: Pilih warna dasar yang sesuai dengan kulit Anda, jangan terlalu terang atau pun gelap. Gunakan kuas besar agar lebih merata.

Eye shadow: Untuk gaya dandanan natural, pilih warna medium. Sesuaikan warna riasan dengan warna kulit dan mata Anda. Jika ingin kesan lebih dramatis, bermainlah dengan efek warna kontras.

Eyeliner: Eyeliner akan membuat bentuk mata lebih tegas. Jika Anda memiliki alis yang tipis, Anda bisa membuat eyeliner yang tebal. Tapi jika alis Anda tebal, sebaiknya buat eyeliner tipis saja agar wajah tak terkesan garang.

Highlight: Pulasan satu warna yang bercahaya seperti emas atau putih keperakan bisa menjadi sentuhan akhir yang memberi efek glamor.
Maskara: Maskara akan membuat bulu mata terlihat lebih lentik dan hidup.

Langkah ke-3: Teknik riasan sesuai bentuk mata
Masing-masing bentuk mata membutuhkan teknik aplikasi yang berbeda.

Bentuk bulat: Gunakan kuas besar untuk memulas warna dasar, kemudian pulaskan warna yang lebih gelap di sudut mata untuk supaya mata terlihat lebih berbentuk. Tambahkan highlight di bawah tulang alis untuk memberi efek mata lebih tajam.

Bentuk almond: Bentuk mata ini sudah indah. Agar makin hidup, tambahkan sedikit maskara cair pada ujung garis mata atas membetuk mata kucing. Mata Anda pun terlihat makin menawan.

Sipit dan tanpa kelopak mata: Jangan memilih warna gelap karena mata Anda akan terlihat semakin sipit. Pilih warna terang. Gunakan eye liner hanya di garis mata atas untuk memberi ilusi mata lebih lebar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya