Gunung Asama di Jepang Meletus

VIVAnews - Gunung berapi Asama yang ada di Pulau Honshu Jepang hari ini,  Senin 2 Februari 2009, meletus. Terlihat kepulan asap yang tingginya lebih dari 1,6 kilometer. Letusan gunung itu juga menyebabkan hujan abu di kota Tokyo.

Menurut Badan Metereologi Jepang, Gunung Asama meletus pukul 1.51 waktu Tokyo. Akibat letusan Gunung Asama, ditemukan bongkahan-bongkahan batu yang berasal dari perut gunung. Selain itu, abu juga menutupi daerah sekitar gunung, dan sebagian kota Tokyo.

Letusan Gunung Asama termasuk berbahaya. Sehingga, warga di sekitar gunung harus waspada dan dilarang mendekat ke arah gunung. Warga yang bekerja di sekitar gunung juga harus menghentikan kegiatannya.

Sebelumnya, Gunung yang sangat terkenal di Jepang ini, pernah meletus pada September 2004, dengan menyemburkan bebatuan panas dan hujan abu dalam radius 200 kilometer, dan tidak terlalu menimbulkan kerusakan. Tetapi,sebelumnya pada tahun 1783, letusan Asama menyebabkan kerusakan besar dan membuat 1.500 orang meninggal dunia.

Jepang memang negara yang paling banyak mengalami gempa bumi, karena terdapat 108 gunung api aktif yang bisa meletus kapan saja dan menyebabkan gempa. Negara Matahari Terbit ini letaknya memang berada di jalur gunung api Lautan Pasifik atau dikenal dengan "Lingkaran Api".

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024