KPK Malaysia Munculkan Insiprasi

VIVAnews - Wakil Ketua bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, M Jasin mengatakan Komisi Antikorupsi Malaysia (MSCC) memberikan inspirasi. Pegawai komisi yang mirip KPK di Indonesia itu mencapai 2000 personil.

Selain itu, kata Jasin, kantor cabangnya tersebar di 15 negara bagian seluruh wilayah Malaysia. "Personil mereka jauh besar dibandingkan kita. Jumlah itu dengan penduduk hanya 27 juta orang," kata Jasin usai menerima kunjungan Komisioner KPK Malaysia, Datuk Hon. Dato' Sri Haji Ahmad Said Bin Hamdan, Selasa 3 Februari 2009.

Jasin membandingkan KPK Indonesia yang hanya memiliki pegawai sekitar 600 orang untuk melayani 230 masyarakat seluruh Indonesia. "Malaysia masih akan mengembangkan pegawainya secara bertahap sampai berjumlah 7000 orang," tambahnya.

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

Jasin berharap Pemerintah juga mendapat insiparasi dari besarnya jumlah personil komisi antikorupsi negara tetangga itu.

Dalam pertemuan di kantor KPK Kuningan, Jakarta itu, Jasin juga mengatakan bahwa MSCC sebelumnya bernama Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia atau SPRM. Lembaga ini dulu tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penuntutan. "Tapi sekarang kewenangannya sudah diperkuat dan berhak melakukan penuntutan," tambahnya.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Guru Besar Fakultas Psikologi UI Prof. Dr. Mirra Noor Milla, sepakat bahwa perempuan, anak-anak, dan remaja rentan terpapar radikalisme, seperti paparan BNPT

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024