Citigroup: BI Akan Perkecil Penurunan Bunga

VIVAnews - Citigroup menilai turunnya laju inflasi tahunan menjadi 9,17 persen akan menjadi modal bagi Bank Indonesia untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate pada rapat Dewan Gubernur BI, Rabu besok, 4 Februari 2009.

"Semula kami perkirakan BI Rate akan turun 50 basis poin," ujar analis Citigroup Asia, Kit Wei Zheng dan Leon Hiew dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Selasa, 3 Februari 2009.

Namun, melihat ada risiko yang tak bisa diabaikan, Citigroup memperkirakan BI akan memperkecil penurunan suku bunga dari proyeksi semula. "BI mungkin hanya akan memangkas bunga 25 basis poin," ujarnya.

Salah satu risiko yang tak bisa dianggap enteng tersebut, menurut Wei Zheng, adalah kembali melemahnya nilai tukar rupiah dalam beberapa pekan ini hingga menembus 11.700 per US$.

Pada Januari lalu, BI telah menurunkan suku bunga acuan 50 basis poin menjadi 8,75 persen. Untuk menentukan suku bunga pada Februari ini, BI akan memutuskan dalam Rapat Dewan Gubernur besok.

Bagaimanapun, seiring dengan berlanjutnya resesi ekonomi global yang kian mendalam dan belum terlihatnya pemulihan ekonomi, pemerintah akan berupaya menjaga permintaan domestik guna menahan penurunan pertumbuhan ekonomi yang bisa berujung pada merebaknya pemutusan hubungan kerja dan pengangguran.

Gokar Listrik Hadir di Indonesia, Lengkap dengan Sirkuit
Atalarik Syach.

Kalau Mau Damai, Atalarik Syach Kasih Syarat Ini ke Tsania Marwa

Konflik antara Atalarik Syach dan Tsania Marwa masih berlanjut bahkan setelah keduanya bercerai. Ditambah lagi, belum lama ini Tsania Marwa menjadi saksi di MK.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024