Ketua DPRD Sumatera Utara Tewas di Tengah Demo

Kronologis Tewasnya Abdul Aziz versi Polisi

VIVAnews - Massa yang berunjuk rasa di Gedung DPRD Sumatera Utara diperkirakan berjumlah 2 ribu orang. Untuk menghadapi aksi massa yang besar itu, polisi ternyata menurunkan pasukan pengamanan awal yang hanya berjumlah sekitar 100 orang.

Hal itu terungkap dalam kronologis aksi demo yang berbuntut tewasnya Ketua DPRD Sumatera Utara, Abdul Aziz Angkat, yang disampaikan juru bicara Polri, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira di Markas Besar Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa 3 Februari 2009.

Berikut kronologis versi polisi:

Pukul 09.00 WIB
Massa pertama kurang lebih 700 orang melakukan demo di Gedung DPRD Sumatera Utara. Tujuan massa agar DPRD membuat surat rekomendasi ke DPR RI tentang pemekaran wilayah Sumatera Utara, yakni Provinsi Tapanuli.

Pukul 10.30 WIB
Aksi yang dipimpin Chandra Panggabean yang juga anggota DPRD dan orator Germok Samosir ingin bertemu Ketua DPRD Sumatera Utara. Namun, massa tidak bisa menemui karena sedang memimpin rapat paripurna, yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Sumatera Utara.

Pukul 11.00 WIB
Massa diperkirakan sudah mencapai 2 ribu orang. Massa merangsek masuk ke ruang sidang. Ada satu kompi atau sekitar 100 anggota Pengendalian Masyarakat dari Kepolisian Kota Besar Medan.

Polisi menambah kekuatan dengan menurunkan dua peleton pasukan dari Kepolisian Daerah Sumatera Utara dan Brigadir Mobil Kepolisian Daerah. Jumlahnya kurang lebih mencapai 250 orang. Namun massa tidak bisa dipertahankan. Massa akhirnya merusak ruang sidang.

Ketika terjadi pengrusakan, Ketua DPRD dievakuasi ke salah satu ruangan DPRD dan akan dievakuasi ke Bank Mandiri, gedung sebelah DPRD. Tetapi polisi yang mengevakuasi Abdul Aziz itu dihalau massa.

Kemudian, Abdul Aziz dibawa ke salah satu ruangan di Komplek DPRD. Sekretaris Partai Golkar Sumatera Utara itu pun pingsan. Pada saat pingsan, Abdul Aziz dibawa ke Rumah Sakit Gleneagles.

Pukul 12.30 WIB
Korban mendapatkan perawatan tim dokter Rumah Sakit Gleneagles

Sekitar pukul 13.00 WIB
Abdul Aziz dinyatakan meninggal. Keterangan sementara, sebelum otopsi, diperkirakan korban meninggal karena sakit jantung. Jenazah pun dibawa ke kediaman pribad.

Pukul 15.50 WIB
Untuk mendapat informasi lebih akurat, almarhum akhirnya diotopsi di RS Umum Daerah Sumatera Utara.

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm
Ilustrasi warga Muslim Amerika sholat di depan Gedung Putih

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Umat Islam di Amerika Serikat (AS) juga telah menetapkan Hari raya Idul Fitri tanggal 1 syawal 1445 H jatuh pada hari rabu besok 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024