Penyelundupan Manusia

Tiap Bulan Penyelundupan Manusia Terjadi

VIVAnews - Penyelundupan 40 pencari suaka asal Pakistan dan Afganistan ke Australia, yang digagalkan polisi, bukan kali pertamanya terjadi.

"Mereka bukan yang pertama, tiap bulan orang-orang dari Pakistan, Afganistan, Irak, Bangladesh, dan Srilangka menuju Australia," kata Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Selasa 3 Februari 2009.

Modusnya, hampir selalu sama. "Mereka mengaku terdampar, mengaku kapal rusak, pura-pura isi air," kata Susno. Dengan alasan itulah, tambah dia, kapal para pencari suaka mampir ke Indonesia. "Padahal tujuannya ke Australia," tambah Susno.

Kondisi tersebut dimanfaatkan sebagian warga Indonesia. "Warga kita menyewakan kapal mengantar mereka ke Australia," kata Susno. Polisi, tambah dia, berkoordinasi dengan imigrasi dan badan pengungsi PBB atau United Nation High Commissioner for Refugees (UNHCR) utnuk menangani para pencari suaka tersebut.

Sebelumnya, anggota Tim Penindak Reserse Mobile Direktorat I Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris A Untung Sangaji, yang memimpin operasi mengatakan polisi menangkap 41 pelaku suaka di perairan Teluk Bau Bau, Sulawesi Utara, Senin 2 Februari 2009 pukul 21.30 waktu setempat. Dalam penangkapan, kepolisian dibantu Australian Federal Police (AFP), Kepolisian Bau Bau, dengan jajaran serse intelnya.

Indonesia dan Australia telah berkomitmen memerangi aksi kejahatan penyelundupan dan perdagangan manusia. Komitmen bersama itu tertuang dalam satu lembar Pernyataan Bersama Forum Menteri Australia-Indonesia (AIMF)  ke-sembilan tentang Penyelundupan Manusia dan Perdagangan Manusia (people smuggling-trafficking in persons) yang ditandatangani Menteri Luar Negeri RI, Nur Hassan Wirajuda dan Menlu Australia, Stephen Smith pada 12 November 2008.

Komitmen tersebut punya arti penting. Sebab, sejak September 2008 Australia kembali diganggu oleh kehadiran kapal-kapal asal Indonesia yang mengangkut para pencari suaka asing.

Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd bahkan menelepon Presiden Yudhoyono pada 8 Oktober 2008. Dalam pembicaraannya, Kevin mengaku prihatin dengan terjadinya lagi aksi penyelundupan belasan warga negara asing ke negaranya dari Indonesia oleh pelaku asal Indonesia.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?
Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024