Penganiayaan Pejabat Imigrasi Kupang

Empat Warga Afghanistan Jadi Tersangka

VIVAnews - Kepolisian Kupang menetapkan empat imigran asal Afghanistan sebagai tersangka dalam kasus penyanderaan dan penganiayaan terhadap tiga petugas rumah tahanan Imigrasi Kupang.  Mereka dijerat dengan pasal berlapis yakni tentang tindakan kekerasan terhadap pejabat dengan ancaman hukuman minimal sembilan tahun penjara.

Kapolres Kota Kupang, Ajun Komisaris Besar Polisi Heri Sulistyanto kepada wartawan di Kupang, Rabu 4 Februari 2009 mengatakan, hasil penyelidikan membuktikan empat tersangka bersama empat warga Afganistan lainnya yang tewas tenggelam di Selat Rote, Kupang, terlibat dalam aksi penyendaraan dan penganiayaan itu.

Empat warga Afghanistan yang telah ditetapkan sebagai tersangka yakni Mohamad Farid, Masihullah Nasjibullah, Nazer Rajabi dan Subair Bin Qolimula. "Meski sudah tersangka, namun mereka titipkan di rumah tahanan imigrasi Kupang. Kita tidak menahan keempat pelaku itu di Mapolresta Kupang," kata Sulistyanto.

Menurutnya, setelah penyidik menetapkan keempat pelaku sebagai tersangka, pihaknya akan segera mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan kepada Kejaksaan Negeri Kupang.

"Para tersangka akan dijerat dengan  pasal berlapis yakni  pasal 212 dan 333 KUHP dan pasal karena dengan sengaja melawan hukum, merampas kemerdekaan seseorang serta perbuatan itu menyebabkan terjadinya luka-luka berat.

Empat  tersangka bersama 14 imigran asal Afganistan, Pakistan dan Myanmar kabur dari rumah tahanan imigrasi Kupang, Rabu (14/1) pukul 02.30 wita dinihari setelah melumpuhkan tiga petugas imigrasi.

Setelah berhasil melumpuhkan petugas imigrasi, para tersangka bersama imgran lainnya kabur menggunakan sebuah kendaraan roda empat ke pantai Oeba Kupang, dan melanjutkan perjalanan menggunakan sebuah perahu motor. Namun baru berlayar sekitar 10 mil, perahu motor tersebut tenggelam, menyebabkan lima imigran tewas.

Laporan: Jemris Fointuna/Kupang

RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 
Banjir genangi Dubai, Uni Emirate Arab (UEA).

Banjir Ekstrem, Seberapa Parah Curah Hujan di Dubai?

Uni Emirat Arab dilanda hujan hebat hingga menyebabkan banjir ekstrem di wilayah Dubai dan sekitarnya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024