Peneliti LIPI Syamsuddin Haris

Pemimpin Lokal Akan Dominasi DPR 2009-2014

VIVAnews - Profesor riset politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Syamsuddin Haris, memprediksi wajah Dewan Perwakilan Rakyat hasil Pemilu 2009 akan didominasi pemimpin-pemimpin lokal. Elit-elit partai yang tidak tumbuh dari lokal bakal sulit menembus parlemen.

"Karena banyak yang sebetulnya tidak dikenal di daerah pemilihan yang bersangkutan," kata Syamsuddin dalam sebuah diskusi di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Rabu, 4 Februari 2009.

Menurut Syamsuddin, walaupun elit partai itu beken, namun belum tentu akan dipilih. "Yang dipilih biasanya dari lokal atau pemimpin lokal, dengan asumsi tidak banyak pemilih yang asal contreng," kata Syamsuddin. "Jadi makin sedikit aktivis partai duduk di parlemen," kata Syamsuddin.

Namun, di tingkat parlemen daerah, fenomena ini tidak terlalu parah karena jarak calon dengan konstituen tidak terlalu jauh.

Keadaan ini, kata Syamsuddin, implikasi dari putusan Mahkamah Konstitusi yang menghapuskan pasal 214 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu. Penghapusan pasal itu membuat penetapan calon melalui suara terbanyak.

So Sweet! Ranty Maria Dilamar Rayn Wijaya Tepat di Momen Ulang Tahun
Aksi sopir pikap dipuji warganet

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

 Belakangan ini, viral di media sosial sopir pikap menghadang dua bus yang berusaha melawan arus di perempatan lampu merah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024