Rencana Ekspor Kayu Log Ditolak

VIVAnews - Departemen Perindustrian menyatakan tidak setuju jika kayu log diekspor ke luar negeri. Pemerintah maunya ekspor barang jadi, seperti furniture.

"Kami tidak sepakat jika kayu log harus diekspor," kata Direktur Jenderal Industri Agro dan Kimia Departemen Perindustrian Benny Wahyudi di Jakarta, Rabu 4 Februari 2009.

Sikap tegas itu terungkap menanggapi isu akan dibukanya kembali keran ekspor kayu bulat log oleh departemen teknis lain karena berlebihnya stok kayu log jati.

"Kami inginnya, ekspor bahan baku kayu yang masih dalam profil sederhana harus dibatasi," kata Benny. Dalam artian, kata dia, pemerintah sebaiknya mengekspor misalnya dalam bentuk kusen pintu atau jendela yang sudah jadi furniture.

Selain itu, pemerintah pada tahun ini juga ingin mendorong industri furniture yang dari data BPS diperkirakan akan tumbuh positif. "Furniture bisa jadi unggulan meski ekspor diperkirakan akan turun karena permintaan juga turun," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Departemen Perindustrian Dedi Mulyadi di saat yang sama.

Meski ekspor furniture turun, kata Dedi, produksi dalam negeri tidak akan menurun bahkan diprediksi akan naik. Selain furniture, sektor industri makanan minuman dan tembakau akan mengalami pertumbuhan yang baik di tengah krisis global ini.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB
Calon anggota Paskibra Kabupaten Sukabumi dinyatakan meninggal dunia.

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

Seorang siswi SMA Negeri 1 Cisaat meninggal dunia saat mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera (paskibra) tingkat Kabupaten Sukabumi 2024 di Kecamatan Palabuhanratu,

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024