Tips Bagi Ibu Rumah Tangga

VIVAnews – Banyak perempuan karir yang setelah menikah dan memiliki anak, memilih untuk tinggal di rumah dan menjadi ibu rumah tangga penuh, dengan berbagai pertimbangan. Mungkin anda salah satu perempuan karir yang sedang berpikir untuk alih profesi menjadi ibu rumah tangga.

Sandra Dewi Ogah Bahas Kekayaan Suami, Tahu Harvey Moeis Korupsi?

Sebelum membuat keputusan, pelajari dulu hal-hal yang perlu diketahui oleh setiap ibu rumah tangga.

1.Banggalah dengan apa yang anda lakukan.
Ketika orang bertanya apa pekerjaan anda, jawablah dengan bangga bahwa anda seorang ibu rumah tangga. Tak perlu malu atau merasa minder. Orang yang menyepelekan profesi ibu rumah tangga, tak tahu betapa sibuknya pekerjaan seorang ibu rumah tangga dan apa manfaatnya bagi keluarga. “Anak-anak saya hanya sekali mengalami masa kecil, saya bisa mengejar karir saya belakangan,” kata Jackie, ibu rumah tangga seperti dikutip ivillage.com

Otto Hasibuan: Rakyat Dituduh Pilih Prabowo-Gibran karena Bansos, Ini Sangat Menyakitkan!

2. Tetaplah berhubungan dengan teman-teman anda.
Memiliki teman-teman wanita adalah  dukungan terbaik bagi seorang ibu rumah tangga, terutama bila mereka juga ibu-ibu rumah tangga. Ketika anak-anak semakin besar dan mandiri, ibu memiliki waktu luang lebih banyak untuk bersama teman-teman dekat.

3. Aturlah Jadwal
Memiliki rutinitas dan membuat daftar yang harus dilakukan akan membuat anda lebih teratur. “Saya memiliki tiga kalender utama. Satu untuk perawatan kesehatan, seperti jadwal cek up ke dokter, dan lain-lain. Kalender lain untuk jadwal sekolah, seperti pertemuan dengan guru di sekolah, liburan, dan lain-lain. Kalender terakhir adalah jadwal ulang tahun. Jangan bebani anak-anak dengan jadwal yang padat. Ingatlah anak-anak perlu waktu untuk bermain,” kata Barb.

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

4. Tetaplah Kreatif
Carilah waktu untuk diri sendiri. Gunakan untuk melakukan hobi, membuat kerajinan, terlibat di organisasi orang tua di sekolah anak. Intinya anda harus punya aktivitas selain pekerjaan rutin rumah tangga dan mengurus anak-anak.

“Saya suka memperbaiki sesuatu. Melukis, membuat gantungan pintu, menempel aksesoris baru pada furnitur. Saya secara rutin mencari sesuatu untuk dikemas sebagai kado Natal, “ kata Jackie. Jeanne, ibu rumah tangga lainnya mengatakan, dia sedang menulis sebuah buku. “Buku yang ramah untuk anak-anak tentang ibu rumah tangga yang tinggal di rumah secara penuh, dari perspektif anak-anak,” kata Jeanne.

Barb, menyarankan para ibu rumah tangga untuk kretif dalam mengelola keuangan. “Hematlah dalam berbelanja. Tips terbaik adalah hidup sederhana. Buatlah makanan yang simpel, siapkan bujet. Lupakan perlengkapan tak perlu, dan nikmati kebersamaan bersama anak-anak. Cinta dan perhatian anda adalah apa yang mereka butuhkan, bukan mainan dan atau gadget terbaru,” kata Barb.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya