Rusuh, Komdis PSSI Panggil Manajer Persiwa

VIVAnews – Manajer Persiwa Wamena, John  R Banua, akan dipanggil Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Dia dan panitia pelaksana akan dimintai keterangan seputar kerusuhan yang terjadi pada laga Persiwa vs Persipura, Minggu, 1 Februari 2009.

Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Hinca Panjaitan, kepada wartawan di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis, 5 Februari 2009 mengatakan, dirinya baru saja menandatangani surat pemanggilan pihak-pihak yang dianggap bertanggung jawab pada kerusuhan Wamena. Setelah ditandatangani, surat tersebut selanjutnya langsung dikirimkan ke sekretariat Persiwa.

”Kami akan memanggil pihak-pihak terkait dengan kerusuhan pada pertandingan Persiwa lawan Persipura. Selain pengawas pertandingan, kami juga memanggil manajer dan ofisial  Persiwa,” kata Hinca.

Hinca menambahkan, kerusuhan Wamena akan disidangkan Selasa pekan depan. Selain kasus Wamena, Komdis juga akan menyidangkan tiga kasus lainnya.

”John Banua dipanggil sebagai pihak terlapor. Dia dilaporkan telah melakukan pemukulan pada insiden itu,” beber Hinca.

Duel Persiwa Wamena vs Persipura Jayapura merupakan lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009. Pada pertandingan itu, tuan rumah Persiwa berhasil mengalahkan Persipura Jayapura 1-0. Satu-satunya gol tim berjuluk Badai Pegunungan itu dicetak oleh Redouanne Barkaoui di menit-25.

Sayangnya, keberhasilan Persiwa meraup tambahan tiga poin itu harus berbuntut panjang. Ribuan penonton tuan rumah turun ke lapangan untuk merayakan kemenangan timnya.

Saat berada di lapangan, sebagian penonton melontarkan ejekan kepada pemain-pemain Persipura yang masih berada di lapangan. Aksi ini membuat pemain-pemain Mutiara Hitam --julukan Persipura-- berang dan berusaha menyerang penonton tersebut.

Adu jotos pun tak terelakkan. Bahkan, penonton yang berada di tribun mulai melemparkan benda-benda keras ke dalam lapangan.

Untuk membubarkan massa, polisi sampai harus mengeluarkan beberapa kali tembakan peringatan. Akibat aksi ini, sejumlah penonton Persiwa Wamena dan pemain Persipura Jayapura menderita luka ringan.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024