Swasta Danai 15 PDAM

VIVAnews - Sedikitnya 15 Perusahaan Daerah Air Minum menjalankan program kerja sama pemerintah dan swasta (KPS) menyediakan air minum selama 2008. Tahun ini kerja sama serupa diprioritaskan bagi 10 kota serta dua kota lainnya berpotensi melaksanakan kerja sama itu.
 
Beberapa daerah yang sudah menjalankan skema kerja sama pemerintah dan swasta selama 2008 di antaranya Kota Tangerang, Jambi, Balikpapan, Semarang, Medan, Denpasar, Pati, Pekan Baru, dan Makassar.

PDIP Blacklist Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara

Sedangkan DKI Jakarta, Bekasi, Karawang, Indramayu, Kota dan Kabupaten Bandung diprioritaskan tahun ini. Kerja sama pemerintah-swasta menjadi salah satu sumber pembiayaan dalam meningkatkan kinerja PDAM. 
 
Direktur Pengembangan Air Minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum Thamrin Zakaria mengatakan kerja sama pemerintah dan swasta merupakan salah satu sumber pendanaan PDAM. 

Dana program PDAM tahap awal sekitar Rp5 triliun. Rp 1 triliun di antaranya berasal dari dana internal, yang merupakan gabungan dana APBN, APBD, dan PDAM. "Sisanya berasal dari pihak luar, termasuk KPS," kata Thamrin di Jakarta, Kamis 5 Februari 2009. 

Total dana investasi rencana bisnis PDAM hingga 2013 senilai Rp 10 triliun dengan modal Rp 3 triliun. 

Kondisi PDAM yang tidak sehat mencapai 84 persen, naik 82 persen dari 2006. Sedangkan jangkauan PDAM masih sekitar 45 persen atau 41 juta sambungan pada 2007. 
 
Keterbatasan investasi pemerintah, efisiensi, aliran teknologi serta perluasan cakupan pelanggan menjadi alasan pemerintah menjalankan KPS. "KPS bukan privatisasi karena dilakukan dalam jangka waktu tertentu akan kembali," katanya. 

Bentuk kerja sama KPS bermacam-macam, mulai dari bentuk konsesi dalam hal produksi. Dia berharap dengan KPS mempercepat program perluasan jaringan dan penambahan kapasitas produksi PDAM.

Gelaran Jakarta Lebaran Fair 2024

Diskon Besar Produk Kecantikan di Jakarta Lebaran Fair

The Body Shop misalnya. Terletak di Hall B2, The Body Shop menawarkan beragam produknya dengan diskon besar, mulai dari 20-50 persen.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024