Yudhoyono: Tidak Semua Pemekaran Berhasil

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai sebagian besar daerah hasil pemekaran tidak berhasil baik dari segi ekonomi maupun pun politik.

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

"Pemekaran itu harus sungguh memenuhi syarat-syarat yang mendasar, sebagian pemekaran berhasil dengan baik, sebagian pemekaran saya nilai sendiri tidak berhasil dengan baik," kata presiden dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 6 Pebruari 2009.

Pemekaran daerah, kata Presiden, seharusnya dapat membuat rakyat menjadi sejahtera. Namun, karena ada kepentingan elit dan motivasi tertentu, kata Presiden, justru menjadi tidak bermanfaat.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Yudhoyono mengatakan rencana pemekaran wilayah memerlukan pemikiran matang. Itu tidak dapat dilakukan karena kehendak segelintir orang."Banyak yang bukan itu (kesejahteraan rakyat)" kata dia.

Pernyataan Kepala Negara terkait demonstrasi mendesak pemekaran wilayah Tapanuli, Sumatera Utara, menjadi provinsi sendiri. Ketua DPRD Sumatera Utara Abdul Aziz meninggal ketika terjadi unjuk rasa di gedung dewan itu. Diduga dia tewas karena dicederai massa.

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit
Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Menjadi seorang jenderal adalah keinginan utama bagi setiap anggota TNI yang ingin mencapai puncak karier mereka. Nah, ada beberapa jenderal termuda di TNI AD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024