Persaingan Operator

XL Harapkan SKB Segera Terbit

VIVAnews - Terkait masuknya delik aduan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) oleh dua pelapor sehubungan persoalan perobohan menara di Badung-Bali, PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) mengharapkan terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) dalam waktu dekat.

Surat Keputusan Bersama yang merupakan kesepakatan para penyelenggara jasa telekomunikasi bersama regulator diharapkan pada akhirnya dapat memungkinkan para operator yang memiliki layanan di wilayah Badung-Bali kembali melayani pelanggannya.

"Seharusnya, kalau kita sudah melayani para pelanggan, berkompetisi dengan bebas, jangan ada lagi monopoli. Ada sekitar 10 operator di sana, kalau dimonopoli kan repot," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaemi kepada VIVAnews dan beberapa wartawan lain, usai konferensi pers Peresmian Grha XL Bangka-Belitung, Pangkalpinang, Jumat 6 Februari 2009.

Menurutnya, insiden perubuhan menara di Badung-Bali tidak hanya berdampak kerugian besar pada XL dan sejumlah operator lain. Di samping biaya yang dikeluarkan akan bertambah, tarif otomatis tidak bisa turun lagi. "Yang akan diberatkan di sini adalah para pelanggan."

Agar pelanggan XL di Badung dan sekitarnya tetap terlayani, Hasnul mengatakan, sementara ini jaringan pada menara XL yang rubuh dipindahkan ke menara milik RRI yang berdiri di sebelahnya.

"Kita harapkan proses pemangkasan ini dihentikan. Sesuai dengan aturannya, kita berhak membangun jaringan dan melayani para pelanggan di daerah itu," tutur Hasnul.

Hasnul juga mengatakan, hingga saat ini, aduan yang masuk dari ATSI dan Hinca Panjaitan, salah seorang pengacara yang menurut sumber VIVAnews mengatasnamakan masyarakat dalam laporannya, tengah sampai ke meja KPPU. Kendati pihaknya tidak terlibat langsung pada aduan tersebut, Hasnul mengaku akan turut serta memperjuangkan hal ini nanti.

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat
Forum bisnis Women in Industry 4.0

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Peran perempuan dalam industri 4.0 jadi bagian dari Business Forum bertema ‘Forging Smart and Sustainable Industry’ dalam gelaran Hannover Messe 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024