Atraksi Naga Meriahkan Cap Go Meh di Glodok

VIVAnews - Sejumlah atraksi memeriahkan perayaan Cap Go Meh di kawasan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat. Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Imlek bagi komunitas Tionghoa di luar China yang jatuh pada hari ke-15.

Liukan naga seperti barongsai dan liong mendominasi sejumlah atraksi yang ditampilkan penyelenggara acara di depan Hotel dan Bar Pancoran Jaya, Glodok, Jakarta Barat, Senin 9 Februari 2009. "Tim kami ada 60 orang," kata Arifin Imawa dari Sanggar Singarajawali.

Acara yang diselenggarakan Paguyuban Pedagang Pancoran Glodok ini menyedot perhatian warga Ibu Kota. Banyak warga dari sejumlah kawasan yang sengaja datang untuk menyaksikan acara tahunan ini.

Ketua Penyelenggara Peringatan Cap Go Meh, Iskandar, mengatakan, perayaan Cap Go Meh kali ini memadukan berbagai unsur kebudayaan seperti Tionghoa, Betawi dan Dayak.

Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir masa perayaan Imlek . Istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama. Saat itu juga merupakan bulan penuh pertama dalam Tahun Baru tersebut.

Perayaan ini dirayakan dengan jamuan besar dan berbagai kegiatan. Di Taiwan ia dirayakan sebagai Festival Lampion. Di Asia Tenggara ia dikenal sebagai hari Valentine Tionghoa, masa ketika wanita-wanita yang belum menikah berkumpul bersama dan melemparkan jeruk ke dalam laut - suatu adat yang berasal dari Penang, Malaysia.

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya
Kejadian Kebakaran cukup besar melanda sebuah toko bingkai Saudara Frame dan Galeri di Jalan Mampang Prapatan Raya, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis 18 April 2024 malam.

Tujuh Korban Tewas Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel Ditemukan Dalam Satu Ruangan

Tujuh orang korban tewas dalam peristiwa kebakaran pada toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Kamis 18 April 2024 malam, ditemukan dalam ruangan yang sama

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024