Bangun 7 Dealer

Ford Investasi Lebih Dari Rp 100 Miliar

VIVAnews - PT Ford Motor Indonesia (FMI) akan menyiapkan investasi mencapai di atas Rp 100 miliar. Hal tersebut bertujuan untuk merealisasikan rencana perusahaan menambah tujuh dealer selama 2009.

Ketum PAN Siapkan 2 Kadernya di Pilkada Jakarta, Eko Patrio Salah Satunya

"Investasinya lebih besar dari tahun lalu yang hanya Rp 100 miliar," kata Presiden Direktur PT FMI Will Angove pada Media Round Table di Hotel Ritz Calton Jakarta, Senin, 9 Februari 2009.

Menurut Will, pada tahun ini Ford akan menambah tujuh dealer. Empat di wilayah sekitar Jakarta, yakni Cibubur, Pluit, Jati Bening, Bumi Serpong Damai, serta tiga lainnya di Duri, Palangkaraya dan Bojonegoro.

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Sedangkan hingga akhir 2008, Ford memiliki 29 dealer di seluruh Indonesia. Lima dealer yang dibuka tahun lalu itu antara lain Medan, Palu, Surabaya, Semarang, dan Jambi. "Dua outlet terakhir akan diresmikan tahun ini," ujarnya.

Will menuturkan, penambahan dealer itu untuk menambah jaringan layanan Ford, serta mempersiapkan peluncuran produk baru pada semester II-2009. "Makanya, nilai investasi tersebut jauh lebih besar. Apalagi, harga tanah cukup mahal di outer Jakarta," kata dia.

Dia menyontohkan, pembangunan dealer di Jatibening mencapai Rp 10 miliar, sedangkan dealer besar di Medan hanya Rp 20-30 miliar.

Pada kesempatan itu Will mengatakan, sistem distribusi Ford dealer sama sekali independen. Ford tidak mempunyai saham di dealer dan tidak ada keterkaitan keputusan penjualan dealer.

"Ford hanya berperan sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan tidak mempengaruhi keputusan dealer, sehingga harga lebih kompetitif," ujarnya. Hal yang sama terjadi pada dealer Ford di seluruh dunia.

Selain itu, kata Will, pengembangan dealer itu merupakan bagian perluasan jaringan agar pelanggan mudah mengakses layanan Ford.

Sementara itu, meski secara global ada penurunan permintaan unit di pasar otomotif pada 2008 dari 607 ribu unit menjadi hanya 370 ribu unit tahun sebelumnya, Ford optimistis dapat meraih target penjualan 5.000 unit.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

"Target ini yang kami keluarkan, meski target internal lebih tinggi sekitar 6.000 unit," tutur Will.

Atlet anggar Indonesia, Arval Raziel

PB IKASI Kirim Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade

PB IKASI yang dipimpin Amir Yanto menunjukkan komitmen dalam membangun prestasi. Dua atlet anggar Indonesia diturunkan dalam Kejuaraan Anggar Asia 2024 di Uni Emirat Arab

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024