Preview Spanyol vs Inggris

Duel Adu Gengsi

VIVAnews - Laga timnas Inggris versus Spanyol boleh bertajuk persahabatan. Tapi, jangan harap duel dua raksasa sepakbola Eropa ini akan berjalan tanpa greget. Apalagi duel duo raksasa Eropa ini juga sempat diwarnai bumbu rasis.

Bagi timnas Spanyol, laga ini memang mempunyai arti penting. Pasalnya, laga persahabatan ini lebih dipandang sebagai ajang pembuktian, bahwa keberhasilan La Furia Roja di Euro 2008 sangatlah pantas. Tak heran, jika kemenangan menjadi harga mati bagi tim besutan Vicente Del Bosque.

Sedangan bagi timnas Inggris laga ini juga tak kalah krusial. Membawa predikat sebagai liga terbaik tentu akan menjadi beban moral bagi Fabio Capello untuk menoreh sejarah manis di daratan Spanyol.

Terlebih, catatan manis Capello bersama The Three Lions tentu tak ingin tercoreng dengan alasan apapun.

Laga persahabatan Inggris versus Spanyol ini memang sempat terancam batal. Awalnya, laga ini memang akan digelar di stadion kebanggaan Real Madrid, Santiago Bernabeu.

Tapi, perlakuan rasis pendukung tuan rumah, La Furia Roja terhadap beberapa pemain Ingggris di pertemuan terakhir membuat laga ini akhirnya dialihkan di markas Sevilla, Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Rabu, 11 Februari 2009.

Perlakuan rasis itu sendiri diterima beberapa pemain kulit hitam The Three Lions saat menjalani laga persahabatan di Bernabeu pada 17 November 2004 silam. Di pertandingan yang berakhir 1-0 buat keunggulan Spanyol itu, Asley Cole dan Saun Wright Philips menjadi sasaran teror pendukung tuan rumah.

Berdasar pengalaman buruk itu, akhirnya pertandingan dipindahkan jauh dari Kota Madrid. Sevilla, sebuah kota yang masuk zona Catalunya dinilai menjadi tempat yang pas untuk menggelar laga ini.

Kini, kedua tim bisa fokus untuk memenangkan laga ini. Berbicara rekor pertemuan, The Three Lions memang lebih unggul dari La Furia Roja. Dari total 11 kali pertemuan kedua negara adidaya ini, Inggris berhasil mencatat 11 kemenganan, tujuh kali kekalahan dan tiga hasil imbang.

Tapi, Inggris tetap harus waspada. Pasalnya, selain Spanyol menyandang predikat sebagai jawara Eropa, tim Ratu Elizabeth ini memang selalu kesulitan saat berlaga di daratan Spanyol.

Terakhir, The Three lions mencatat kemenangan pada tahun 1987. Saat itu timnas Inggris mampu mengalahkan La Furia Roja, 4-2. Namun di dua laga terakhir yang digelar di Spanyol, Inggris selalu menelan kekalahan. Pada 1992 dan 2004 lalu, Inggris dua kali menelan kekalahan 1-0 dari Spanyol.

Absennya Beberapa Pilar , Come Back Beckham

Sayangnya, kedua negara ini memang gagal membawa skuad terbaiknya. Di timnas Inggris, Fabio Capello tidak akan menyertakan Steven Gerrard dan Wayne Rooney. Keduanya batal memperkuat The Three Lions setelah didera cedera saat memperkuat klubnya masing-masing.

Guna mengisi tempat yang ditinggalkan Gerrard, Capello sebenarnya masih duo Aston Villa, Gareth Barry dan James Milner. Sedangkan untuk mengisi tempat Rooney, Capello rupanya akan menempatan bintang muda Villa lainnya, Gabby Agbonlahor.

Hal serupa juga terjadi dengan tuan rumah La Furia Roja. Tim besutan Vicente Del Bosque ini juga tidak akan diperkuat Carles Puyol yang juga mengalami cedera saat membela Barcelona di pentas Liga Spanyol. Guna mengisi tempat Puyol, Del Bosque juga masih mempunyai pilihan lewat bek Real Betis, Juanito dan bek Valencia, Carlos Marchena.

Yang tak kalah menarik laga ini juga akan menjadi ajang pembuktian David Bekcham. Winger Los Angeles Galaxy yang kini merumput di Italia bersama AC Milan ini memang mempunyai motivasi lebih.

Kerja kerasnya untuk bisa kembali berkostum Inggris memang patut diacungi jempol. Kini mantan winger Manchester United ini akan kembali beraksi di Spanyol guna mengulang perjalanan karirnya bersama Real Madrid.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Lima pertemuan terakhir:

2007: Inggris 0-1 Spanyol (persahabatan)
2004: Spanyol 1-0 Inggris (persahabatan)
2001: Inggris 3-0 Spanyol (persahabatan)
1996: Inggris 0-0 Spanyol (European Championships)
1992: Spanyol 1-0 Inggris (persahabatan)

Perkiraan pemain:

Inggris: David James, Ashley Cole, Rio Ferdinand, John Terry, Glenn Johnson, David Beckham, Gareth Barry, Frank Lampard, Ashley Young, Gabby Agbonlahor, Peter Crouch/Emile Heskey.

Spanyol: Iker Casillas, Raul Albiol, Joan Capdevila, Carlos Marchena/Juanito,Sergio Ramos, David Silva, Xabi Alonso, Marcos Senna, Xavi/Albert Riera, David Villa, Fernando Torres.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024