Menara Jakarta Tertinggi di Dunia

Kronologis Proses Pembangunan

VIVAnews - Menara Jakarta akan dibangun di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat. Bangunan setinggi 558 meter ini, merupakan menara telekomunikasi tertinggi di dunia mengalahkan CN Tower di Toronto, Kanada.

Rencana pembangunan tower ini sudah direncanakan pada tahun 1994. Namun akhirnya harus terhenti akibat krisis ekonomi pada tahun 1998.

Bagaimana sebenarnya sejarah pembangunannya?

Ide awal Menara Jakarta dimunculkan pada tahun 1994 oleh mantan Presiden (Alm) Soeharto. Menara ini dulunya akan fungsikan sebagai menara telekomunikasi dan multimedia yang didukung fasilitas lain seperti mal dan ikon nasional.

Kepercayaan untuk merealisasikan ide tersebut diberikan kepada Prajogo Pangestu. Taipan pemilik Grup Barito ini kemudian mengajak beberapa pengusaha lain untuk bergabung dan merealisasikan ide tersebut dengan membentuk PT Indocitra Grahabawana.

Pada tahun 1995, diadakan sayembara internasional desain Menara Jakarta. East China Architectural Design Institute (ECADI) keluar sebagai pemenang. ECADI juga diketahui telah berpengalaman mendisain menara Oriental Pearl Tower di Shanghai.

Setelah mendapat desain menara yang diinginkan, tahun 1996 PT Telkom, PT Indosat dan TVRI bergabung dan membentuk badan baru yaitu PT Menara Jakarta.

Kemudian peresmian pembangunan proyek Menara Jakarta dilakukan pada 12 Agustus 1997 oleh Mensesneg RI, Moerdiono. Di tahun 1998, pekerjaan terhenti total akibat krisis moneter.

Pada tahun 2004, dibentuk PT Prasada Japa Pamudja dan pembangunan Menara Jakarta dilanjutkan kembali secara resmi dibuka pada 15 April oleh Mensesneg RI Bambang Kesowo bersama Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.

Perkembangan pembangunan dari tahun 2004 hingga 2008 ini, pembangunan terus dilakukan.

Pekerjaan yang telah dilakukan hingga kini dengan galian tanah dengan total volume 830.000 meter kubik. Lalu pekerjaan diaphragm-wall dengan keliling 936 meter dengan kedalaman minus 30 meter.

Pekerjaan ground-anchor mencapai 1.461 titik, dan pekerjaan pengecoran lantai kerja basement seluas area 53 hektar telah dilakukan.

Pembangunan menara yang menelan dana Rp 3 triliun ini ditargetkan selesai tahun 2012.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024