Disegel, Koja Trade Mall Tetap Beroperasi

VIVAnews - Pengelola Koja Trade Mall tak mengindahkan penyegelan yang dilakukan Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan DKI Jakarta. Pasar modern itu tetap beroperasi normal.

Seperti dikutip situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Rabu 11 Februari 2009, pengelola sengaja menutup pintu utama gedung dan memanfaatkan pintu samping untuk akses pengunjung. Pengelola juga membiarkan papan segel berwarna merah terpampang di samping pintu utama.

Warga setempat, Somad, mengatakan, pusat perbelanjaan modern itu kembali beroperasi dua hari setelah petugas melakukan penyegelan. Seluruh kios buka normal dari pukul 08.00-21.00.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, HM Nakoem AR mengatakan, tindakan pengelola Koja Trade Mall sangat melecekan Pemerintah Provinsi DKI. "Jangan ada toleransi lagi jika pengelola KTM sudah tak mengindahkan segel. Kalau perlu pasang garis police line," kata dia.
 
Koja Trade Mall disegel lantaran beroperasi tanpa mengantongi izin penggunaan bangunan (IPB). Pengelola hanya memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penunjukan dan Penggunaan Tanah (SIPPT).

Kompleks pertokoan dengan arsitektur Timur Tengah itu beroperasi sejak 24 Desember 2004. Pembangunannya juga diduga menyalahi aturan hukum karena posisinya terlalu dekat dengan pasar tradisional.

Sesuai Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2002 tentang Perpasaraan Swasta, jarak antara mal dan pasar tradisional minimal 2,5 kilometer. Kenyataannya, jarak Koja Trade Mall hanya empat meter dengan Pasar Koja, 1,5 meter dengan Pasar Sinar, 600 meter dengan Pasar Tugu, dan 410 meter dengan Pasar Lontar.

Kawanan Pembunuh Mirna Bermodus Begal Ditangkap, Polisi Curiga Ada Motif Lain Pelaku
Ryan Wibawa, Juara Dunia  Di  Specialty Coffee Expo 2024

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Kopi Indonesia terpilih menjadi salah satu terbaik kopi yang dipamerkan di Specialty Coffee Expo 2024, yang di gelar di Chicago, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024