Pasar Game

Megaxus Investasi 1 M untuk Ayo Dance

VIVAnews - Megaxus Infotech mengaku telah mengucurkan dana investasi sebesar 500 juta hingga 1 miliar rupiah pada awal pengembangan casual game-nya yang bertajuk Ayo Dance. Kini, game itu sudah memiliki 1,6 juta member.

Informasi itu diungkapkan direktur sekaligus founder Megaxus Infotech, Eva Muliawati, kepada VIVAnews usai peluncuran Lineage II The Chaotic Throne - Gracia II di Fx Building, Jakarta.

"Pada 2007, kami mengeluarkan dana sekitar Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar untuk investasi awal seiring dengan peluncuran Ayo Dance," kata Eva. "Dana investasi tersebut meliputi pengadaan server yang kini berjumlah 80 unit, penyediaan bandwidth, dan sejumlah piranti keras lainnya yang mendukung infrastruktur," ucapnya. 

Berbicara pendapatannya, Eva menuturkan bahwa di samping Average Revenue Per User, Megaxus mengandalkan penghasilan dari iklan. ARPU pengguna Ayo Dance diperkirakannya mencapai Rp 55.000 hingga Rp 99.000.

"Pendapatan dari member biasanya berasal dari transaksi penjualan special added feature, meliputi avatar dan aksesoris in-game (topi, jubah, dan sebagainya) dengan menggunakan voucher," ucap Eva, yang menyebutkan kisaran harga voucher tersebut berkisar Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

"Untuk memudahkan member, selain distribusi voucher melalui 2.000-an mitra warnet, kami juga bekerja sama dengan Telkom via layanan online payment-nya, kartu iVas, dan juga GudangVoucher.com," kata Eva. "Ada sekitar 30 persen member yang memakai layanan iVAS. Mayoritas masih membeli voucher secara retail, seperti di warnet-warnet," ucapnya.

Menurut perhitungan VIVAnews, dengan ARPU mencapai Rp 99.000, dan jumlah pelanggan mencapai 1,6 juta pelanggan, Megaxus Infotech berpotensi meraih pendapatan hingga Rp 160 miliar per bulannya dari Ayo Dance.

"Dalam upaya meretensi member Ayo Dance, kami terus memperkaya fitur yang ada di dalam game. Itu lah tugas publisher game. Karena dengan begitu, member kami akan loyal dengan sendirinya," ucap Eva.

Sayangnya, pendapatan dari segi iklan, Eva enggan memaparkannya secara detail. Dia hanya bersedia mengungkapkan bentuk kerja samanya saja, seperti diberitakan VIVAnews sebelumnya.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron
Pisces

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Ada beberapa tanda zodiak yang dikenal karena sifat-sifat sederhana dan kerendahan hati yang membuat mereka menonjol di antara yang lain. Salah satunya yaitu Virgo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024