Batas Wilayah Negara

Deplu Seharusnya Merasa Tertantang

VIVAnews - Indonesia telah kehilangan Pulau Sipadan dan Ligitan. Sebab, Mahkamah Internasional telah memutus kedua pulau itu sebagai wilayah kedaulatan Malaysia. Terkait batas negara, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Tedjo Edhy Purdijatno berharap Departemen Luar Negeri lebih banyak ambil tindakan.

"Saya berharap Deplu merasa tertantang untuk selalu bicarakan masalah ini [batas negara]," kata Tedjo saat ditemui di Gedung Dewan, Senayan, Jakarta, Kamis 12 Februari 2009.

Baru-baru ini, Indonesia dan Singapura telah menyepakati perbatasan baru yakni Pulau Nipa bagian utara. Tindak lanjutnya kesepakatan resmi soal perbatasan baru akan ditandatangani kedua negara pada bulan Februari 2009. Menurut Tedjo Deplu harus bertindak serupa terhadap klaim Filipina bahwa ada wilayah lautnya masuk ke wilayah Pulau Myangas, Sulawesi Utara.

Jangan sampai Myangas bernasib sama dengan Sipadan dan Ligitan. " Kalau merasa tertantang bicara dong secara diplomatis. Ini domain Departemen Luar Negeri," tambah dia.

Indonesia, yang kepulauan, punya banyak batas wilayah dengan negara lain. Wilayah darat Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste. Sedangkan di laut berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Sementara itu, wilayah yurisdiksi Indonesia di laut berbatasan dengan Australia, Filipina, India, Malaysia, Papua Nugini, Republik Palau, Vietnam, Thailand, dan Timor Leste.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat
Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Pengakuan Jay Izdes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

Dua pertandingan bersama Timnas Indonesia, sudah cukup bagi Jay Idzes mengetahui sosok ini bukan pemain sembarangan di Timnas Indonesia. Siapa dia?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024