Permendag Produk Tertentu

Produk Baja Bakal Masuk Pengawasan Khusus

VIVAnews - Produk baja tak lama lagi bakal menjadi produk yang diawasi pemerintah lewat Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 60/2008 tentang ketentuan impor produk tertentu.

"Departemen Perindustrian sudah ajukan daftar ke Departemen Perdagangan untuk menjadi pertimbangan untuk memasukkan produk baja ke dalam Permendag tersebut," kata Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka Departemen Perindustrian Anshari Bukhari di Jakarta, Kamis 12 Februari 2009.

Sebelumnya, beberapa bulan yang lalu, Depperin mengusulkan agar produk baja dimasukkan ke dalam produk diatur seperti makanan minuman, elektronik, tekstil, alas kaki, dan mainan anak-anak. Usulan tersebut menanggapi membanjirnya impor baja dengan harga miring dari China.

Daftar produk baja yang diajukan ke Depdag, kata Anshari, merupakan daftar produk baja yang sudah bisa diproduksi di dalam negeri. "Baja yang sudah bisa diproduksi sendiri kami usulkan untuk diawasi impornya," katanya. Anshari mendata hampir semua produk baja yang diusulkan, seperti HRC, baja lapis seng, CRC, wire rode, dan paku, sudah bisa diproduksi dalam negeri.

"Namun, itu untuk produk baja yang digunakan dalam sektor infrastruktur," ujarnya. Sedangkan produk baja untuk industri otomotif, kata dia, masih belum bisa diproduksi sendiri.

Finalisasi keputusan baja masuk ke dalam komoditas yang diawasi peredarannya, menurut Anshari, ada di tangan Departemen Perdagangan. "Kewajiban kami (Depperin) hanya menyerahkan daftar yang kemarin sudah kami revisi yang memuat produk mana saja yang butuh diawasi," kata dia.

Sementara itu, untuk stimulus Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah  untuk baja, menurut Anshari, masih menunggu keputusan dari Menteri Keuangan. "Kami tidak merevisi usulan PPNDTP baja, masih sebesar Rp 400 miliar seperti angka sebelumnya yang kami usulkan," kata dia.

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil
Manchester United vs Brentford

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Duel Brentford vs Manchester United dalam lanjutan Premier League matchday ke 30 di Stadion Gtech Community, Minggu 31 Maret 2024, pukul 03.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024