Uji Materiil UU Pemilu

Putusan Soal Ambang Batas Parlemen Hari Ini

VIVAnews - Mahkamah Konstitusi akan memutuskan uji materiil Pasal 202 ayat (1) Undang-undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum hari ini, Jumat 13 Februari 2009. Sidang putusan mengenai ambang batas parlemen (parliamentary threshold) ini dijadwalkan pukul 10.00.

Uji materiil pasal ini diajukan tiga pemohon. Pertama 10 partai politik peserta Pemilu 2009 yakni Partai Demokrasi Pembaruan, Partai Patriot, Partai Persatuan Daerah, Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Indonesia Sejahtera, Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia, Partai Perhimpunan Indonesia Baru, Partai Karya Perjuangan, Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Kasih Demokrasi Indonesia.

Pemohon kedua adalah calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari partai politik peserta Pemilu 2009 dan pemohon ketiga adalah anggota partainya. Kuasa Pemohon adalah A Patra M Zen, dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia.

YLBHI mewakili tiga pemohon itu mendaftarkan gugatan ke Mahkamah Rabu 14 Januari 2009. Mereka memperkarakan antara lain pencantuman syarat meraih kursi di parlemen di UU Pemilu. Yaitu hanya partai yang mampu mengumpulkan suara minimum 2,5 persen suara secara nasional di pemilu legislatif yang berhak mendapat kursi.

Penerapan syarat itu dinilai menghilangkan kesempatan calon legislator mendapat kursi di Dewan Perwakilan Rakyat. Itulah sebabnya ketentuan ambang batas dinilai melanggar konstitusi. Patra mengatakan telah mengajukan sejumlah bukti antara lain putusan-putusan Mahkamah Agung dan Pengadilan Tinggi di sejumlah  negara yang telah melarang penerapan penghitungan suara untuk mencapai ambang batas itu. Salah satunya Keputusan Bundesverfassungsgericht di Jerman.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia
Telapak Kaki Nabi Muhammad

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Iran tengah dihebohkan setelah seorang ulama, yang sangat pesohor oleh pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, mengeluarkan kritik terhadap Nabi Muhammad, dengan komentar

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024