DPR: BBM Terlalu Mahal

"Premium Rp 3.900, Tidak Termasuk Pajak"

VIVAnews - Pemerintah membantah pernyataan anggota Panitia Khusus Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Dewan Perwakilan Rakyat bahwa harga premium Indonesia lebih mahal dibandingkan harga di pasar dunia.

"Harga premium Rp 3.900 per liter itu belum termasuk pajak," ujar Dirjen Minyak dan Gas (Migas), Evita HerawatiLegowo di Gedung Departemen ESDM Jakarta, Senin 16 Februari 2009.

Anggota Pansus BBM pekan lalu mengungkapkan bahwa harga premium sebesar Rp 4.500 per liter masih terlalu mahal. Menurut data dari Pertamina, harga yang wajar untuk premium di pasar domestik sebesar Rp 3.900 per liter.

Namun, Evita menekankan harga tersebut belum menghitung pajak. Seharusnya, menurut dia, DPR juga memasukkan perhitungan pajak-pajak yang dikenakan dalam BBM bersubsidi jenis premium dan solar. Misalnya, pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen.

Direktur Keuangan Pertamina Frederick ST Siahaan menjelaskan harga Rp 3.900 per liter itu belum termasuk pajak dan Alpha pendistribusian BBM. "Harga di pasar internasional saja Rp 3.967 per liter," kata dia.

Dia menjelaskan jika ditambah dengan Alpha pendistribusian BBM Rp 528 per literĀ  serta ditambah PPN dan PBBKB maka harga jual Rp 5.131 per liter.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiantoro mengingatkan agar jangan melihat keuntungan penurunan premium sebesar Rp 1,1 triliun sebagai keuntungan besar.

"Jangan hanya melihat sekarang untung. Sebab, subsidi BBM dihitung selama satu tahun," kata dia. Purnomo menuturkan, apalagi saat ini harga premium dan solar di pasaran dunia mengalami kenaikan lagi disamping itu kurs rupiah terhadap dolar melemah.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024