ADB Siap Jadi Penjamin Obligasi Indonesia


VIVAnews -
Bank Pembangunan Asia menawarkan diri untuk menjadi penjamin jika Indonesia akan menerbitkan surat utang dan mencari pinjaman sindikasi.
 
"Jika Indonesia mencari pinjaman atau menerbitkan obligasi maka suku bunganya bisa lebih rendah karena dijamin oleh ADB," kata Dirjen Pengelolaan Utang Departemen Keuangan, Rahmat Waluyanto di sela-sela rapat Komisi Keuangan DPR, Senin 16 Februari 2009.
 
Menurut dia, jika mengacu pada peringkat utang Indonesia BB-, biaya yang ditanggung pemerintah akan lebih tinggi. Namun pemerintah belum memutuskan apakah akan menerima atau tidak karena pemerintah harus membayar biaya ke ADB.
 
"Tapi ini memang lebih menguntungkan," katanya. Namun, dia menekankan tawaran tersebut belum dibicarakan secara detail. "Belum ada keputusan sama sekali dan belum ada pembicaraan resmi," katanya.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Selain memberikan jaminan, ADB berkomitmen memberikan pinjaman kepada Indonesia sebesar US$ 1 miliar. Pinjaman ini antara lain diberikan untuk menolong negara berkembang dari dampak sosial akibat krisis, misalnya dengan cara pengadaan investasi infrastruktur, sektor sosial dan sektor lain.

Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024