Kabut Asap, Bandara Pekanbaru Ditutup

VIVAnews - Bandar Udara Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru hari ini, 17 Februari 2008 pukul 08.00 WIB dinyatakan ditutup untuk penerbangan. Penutupan dilakukan sehubungan aktifitas kabut asap yang sangat tebal di kawasan tersebut.

Airport Duty Manager, Sudarsono menyatakan jarak pandang di bandara hanya 300 meter, bila dilanjutkan akan berbahaya bagi keselamatan. "Bandara menutup apabila jarak pandang di bawah 1000 meter, dan kewenangan ini menjadi hak kami," ujar Sudarsono.
 
Sudarsono menjelaskan, kabut asap tebal mulai terasa pada pukul 06.20 WIB, hanya saja waktu itu jarak pandang memang masih jauh, yakni diatas 1 kilometer, walaupun sudah mulai menganggu.

Sejumlah penerbangan berbagai tujuan terpaksa dibatalkan, ditunda hingga kondisi cuaca kembali membaik. Tetapi, bila jarak pandang kurang dari 1 kilometer, dan pilot ingin melanjutkan penerbangan, bandara mempersilahkan.

"Yang kami larang bila jarak pandang diatas 1 kilometer, tetapi bila dibawah satu kilometer, kami dari bandara hanya mengingatkan kepada pilot, bahwa cuaca kurang baik. Mau berangkat atau tidak, kami serahkan pada pilot masing-masing maskapai," tuturnya.

Saat ini seluruh penumpang masih ditampung di bandara, dan masih menunggu kepastian kapan pesawat akan diterbangkan. "Kami belum tahu sampai kapanm tapi kita menunggu cuaca baik," katanya.

Laporan: Hafiz Hasian | Riau

4.266 Personel Gabungan Kawal Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih
sosialisasi VAR kepada Persib

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai melakukan sosialisasi Video Assistant Referee (VAR) untuk klub-klub kontestan di Liga 1.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024