Bakrie Akan Bangun Pabrik di Qatar

VIVAnews - Bakrie Building Industries sedang menjajaki untuk membangun pabrik versaboard di Qatar, Timur Tengah.

"Ada permintaan dari rekan kerja Tech Air Corporation untuk bersama membangun pabrik di sana," kata Komisaris Utama PT Bakrie Building Industries, Bobby Gafur Umar di Jakarta, Selasa, 17 Februari 2009.

Versaboard
merupakan produk calcium silicate board yang biasa dipakai sebagai plafon bangunan dan partisi di ruangan. Produk ini sangat efektif sebagai produk pengganti plywood untuk plafon dan partisi yang tahan air, tidak terbakar, tidak dimakan rayap, dan mudah diaplikasikan.

Pembangunan pabrik di Qatar, katanya, juga didorong oleh permintaan importir di kawasan Timur Tengah. "Kalau bangun pabrik di sana akan menghemat biaya transportasi dengan memotong biaya perjalanan kapal," kata CEO Tech Air Corporation, Ahmad Ghazali pada saat yang sama.

Dengan memotong biaya perjalanan, kata Commercial Manager PT Bakrie Building
Industries, Zulkifli Abdullah, Bakrie bisa menghemat 20 persen biaya transportasi mengingat produk tersebut tergolong berat.

"Tapi rencana tersebut baru tahap penjajakan dan uji kelayakan," ujar Bobby. Menurut dia, Bakrie sedang menghitung untung rugi membangun pabrik di sana. Jika niat itu terwujud, menurut Direktur Bakrie Building, Anton Sukartono, realisasinya bukan tahun ini. "Mungkin pertengahan tahun depan."

Pembangunan pabrik di Qatar merupakan langkah lanjutan dari debut ekspor
versaboard ke Timur Tengah. Bakrie akan melakukan ekspor dalam dua tahap, yang masing masing dengan nilai Rp 50 miliar untuk tahun pertama dan Rp 300 miliar untuk tahun kedua.

Wilayah tujuan ekspor adalah  Dubai, Abu Dhabi, Qatar, dan Kuwait. Tahun pertama, Bakrie akan ekspor 300 kontainer setinggi 40 feet yang setara dengan US$ 4,2 juta. Sedangkan tahun kedua akan sebanyak 1.800 kontainer yang sama.

"Timur Tengah potensial untuk tujuan ekspor karena tingkat pemakaian produk ini sedang tinggi akibat laju pembangunan properti dan infrastruktur di sana sedang tinggi," kata Zulkifli.

Sebelum debut ekspor ini, Bakrie menguasai Rp 100 miliar pasar domestik untuk varseboard.

Selain ekspansi ke Qatar, Bakrie juga berniat mendirikan pabrik di Indonesia menjadi perhatian serius Bakrie Building. "Membangun pabrik di sini juga lebih murah biaya produksinya," ujar Anton.

Dibintangi Yuki Kato dan Dion Wiyoko, Film Demi Si Buah Hati Hadirkan Cerita Menyentuh
Perempuan usia 9 tahun di India jadi viral lantaran mampu mengangkat beban hingga 75 kg.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

Perempuan berusia sembilan tahun di India mendapat julukan 'female version of Hercules' alias Hercules Perempuan, lantaran kuat mengangkat beban hingga 75 kilogram.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024