Jawab Tudingan KPPU

Industri Semen Akui Praktik Oligopoli

VIVAnews - Asosiasi Semen Indonesia (ASI) membantah terjadi praktik bisnis curang dalam industri semen nasional sehingga merugikan konsumen. Namun, Ketua Umum ASI Urip Trimuryo tidak membantah jika praktik bisnis industri semen bersifat oligopoli.

"Industri semen memang seperti itu, hanya 9 pabrik di Indonesia yang menguasai suplai nasional," katanya di Jakarta, Selasa, 17 Februari 2009. Namun, dia menekankan kondisi penguasaan pasar seperti itu tidak dilarang. "Ya, kondisinya memang seperti itu."

Urip menilai industri semen baru masuk kategori persaingan tidak sehat jika terjadi kerjasama untuk tentukan harga dan pangsa pasar.

Sebelumnya, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi Perindustrian dan Perdagangan DPR, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Benny Pasaribu mengatakan industri semen masuk kategori persaingan usaha tidak sehat.

Itu terlihat dari kenaikan harga yang sistematis dan kelangkaan yang mengatrol harga jual. Hal tersebut diindikasikan dari tiga pemain besar produsen semen, yakni Semen Gresik, Indocement, dan Holcim, yang menguasai 89 persen pangsa pasar nasional.

Namun, Urip mengelak tudingan tiga produsen tersebut melakukan praktik curang. Alasannya, menurut dia, pada kenyataannya produksi ketiga perusahaan memang banyak dan bisa menguasai pangsa pasar lebih dari 80 persen. Selain itu, harga semen di pasar bervariasi dan naik turunnya harga berbeda-beda tergantung kondisi perusahaan.

"Yang stoknya banyak pasti akan turunkan harga," katanya.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024