Dua WNI Hilang di Australia

Jenazah Rudi dan Dean Belum Ditemukan

VIVAnews - Tim Identifikasi Korban Bencana (dissaster victim identification) Polri tak hanya membantu Pemerintah Australia mengidentifikasi jenazah para korban kebakaran di Negara Bagian Victoria, Australia. Mereka juga punya missi penting.

"Sambil mencari korban mayat yang diperkirakan warga negara Indonesia," kata Juru Bicara Kepolisian, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira di Markas Besar Kepolisian, jalan Trunojoyo, Jakarta, Selasa 17 Februari 2009.

Dua warga negara Indonesia, Dean Lesmano dan Rudi diperkirakan hilang dalam lokasi kebakaran hutan. "Sampai saat ini, mayat Dean dan Rudi belum ditemukan. Tim Polri berusaha mengenali semua mayat korban kebakaran," kata Abubakar. 

Ditambahkan Abubakar, sample DNA dari keluarga Rudi dan Dean akan diambil ke Indonesia. Hasilnya, akan dikirim ke Australia. "Untuk dicocokan dengan jenazah-jenazah disana," kata dia.

Tim Polri yang dipimpin Komisaris Besar dr Musaddeq Ishaq, kata dia, dilengkapi keahlian patologi forensik, antropologi, DNA, dan odontologi [struktur gigi]. Tim, kata dia, akan berada di Australia 17 hingga 20 hari. "Apabila ada permintaan penambahan akan kita lihat," tambah dia.

Kebakaran hebat yang melanda semak belukar di Australia menyebabkan 181 orang tewas, 500 orang terluka, 1.000 rumah terbakar. Kebakaran itu memusnahkan sekitar 365 ribu hektar lahan yang terjadi mulai akhir pekan lalu di Negara Bagian Victoria, sebelah tenggara Australia.

Api yang diduga disulut dengan sengaja telah menghanguskan kota Marysville dan Kinglake. Kepolisian menyatakan setengah pemukiman penduduk di Kingslake terbakar hingga rata dengan tanah.

Dua warga negara Indonesia, Rudi dan Dean Lesmano dilaporkan hilang dalam peristiwa kebakaran hebat di Negara Bagian Victoria, Australia. Sampai saat ini, nasib keduanya belum diketahui.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
Tempat camping

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Hobi camping? Kunjungi lokasi kemah populer di luar negeri ini bersama pinjaman bunga rendah yang praktis!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024