Prosesor Multi Core

AMD Siapkan Dual Core Baru

VIVAnews - Demi memperluas jajaran produk di segmen value, AMD dikabarkan sedang mempersiapkan prosesor dual core terbaru. Prosesor ini nantinya akan melengkapi portofolio prosesor dual core perusahaan asal Sunnyvale, California tersebut.

Prosesor ini memang belum muncul di bocoran roadmap perusahaan yang sudah beredar sebelumnya. Tetapi menurut kabar yang VIVAnews kutip dari Softpedia, 18 Februari 2009, prosesor dual core itu memiliki kode nama Callisto dan akan menggunakan teknologi manufaktur 45 nanometer terbaru AMD.

Diperkirakan, prosesor itu akan menggunakan arsitektur yang serupa dengan Deneb, tetapi hadir dalam solusi dual core yang lebih terjangkau. Dengan L2 cache berukuran 1MB serta L3 yang sebesar 6MB. Meski belum ada informasi dari sisi kecepatan, kemungkinan prosesor tersebut akan hadir di kuartal kedua 2009.

Menurut analis, prosesor dual core AMD yang akan datang ini belum tentu memiliki performa yang lebih baik dibanding seri Core 2 Duo terkini milik Intel. Tetapi setidaknya, prosesor itu akan menghadirkan perbaikan kinerja dibanding prosesor dual core terdahulu AMD. Selain itu, jika benar AMD akan menghadirkan prosesor yang bersangkutan dan dalam harga yang terjangkau, produsen prosesor kedua terbesar di dunia itu bisa meningkatkan market share. Apalagi mengingat prosesor dual core saat ini merupakan prosesor mainstream, alias yang paling banyak digunakan.

Awal tahun ini, AMD sendiri sudah meluncurkan prosesor Phenom II, generasi kedua dari Phenom yang juga menjadi debut di jajaran prosesor 45 nanometer AMD. Phenom II juga mampu menghasilkan performa yang baik, dan yang pasti dapat menyediakan alternatif yang menarik bagi pengguna yang ingin membangun sistem quad core. Apalagi mengingat kompatibilitasnya dengan sistem AMD sebelumnya.

Meski begitu, prosesor Core i7 yang berbasis Nehalem buatan Intel saat ini masih merupakan prosesor tercepat yang pernah dibuat untuk pengguna PC.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024