Toshiba Beli Bisnis Harddisk Fujitsu

VIVAnews - Toshiba Corp. mengumumkan bahwa mereka akan membeli unit bisnis harddisk milik Fujitsu. Fujitsu sendiri meninggalkan bisnis media simpan tersebut karena terus merugi. Adapun tujuan pembelian Toshiba adalah memuluskan langkah mereka untuk memperbesar market share mereka di industri harddisk dan mengejar ketinggalan dari Seagate Technology.

Rencananya, sampai akhir Juni mendatang Toshiba sudah akan menguasai 80 persen unit bisnis Fujitsu sampai nantinya akan diambil alih secara penuh. Meski belum ada kesepakatan di antara kedua perusahan seputar nilai transaksi,  sempat dirumorkan bahwa angkanya mencapai 340 sampai 450 juta dolar AS.

“Akuisisi itu akan membantu Toshiba mengamankan market share yang mereka butuhkan agar dapat bertahan dan melanjutkan konsolidasi di pasar disk-drive yang sudah penuh sesak,” kata Yuichi Isada, analis dari Mizuho seperti VIVAnews kutip dari Bloomberg, 18 Februari 2009.

Kombinasi bisnis Toshiba dan Fujitsu itu akan melipatgandakan market share Toshiba -yang saat ini berada di posisi keempat sebagai produsen harddisk terbesar di dunia- di bidang harddisk menjadi sekitar 16 persen, menempel ketat Hitachi Ltd. yang merupakan produsen harddisk ketiga terbesar. Penjualan unit bisnis harddisk oleh Fujitsu juga memungkinkan mereka untuk menyingkirkan unit bisnis yang terus merugi sejak tahun 2007 dan fokus ke bisnis IT services.

Menurut Techno Systems Research Co., perusahaan pengamat pasar teknologi asal Tokyo, Jepang, sebelum akuisisi, Toshiba memiliki pangsa pasar harddisk secara keseluruhan sebesar 8,7 persen dibandingkan Fujitsu yang setingkat di bawahnya yang memiliki 7,3 persen. Hitachi, peringkat ketiga dunia memiliki 17 persen. Adapun pemegang market share terbesar sampai 2008 lalu adalah Seagate dengan 31,8 persen dan diikuti Western Digital di posisi kedua dengan 26,9 persen.

Akan tetapi, jika proses akuisisi sudah selesai dan Toshiba berhasil menyelesaikan seluruh transaksi keuangan, maka Toshiba akan menjadi produsen terbesar di dunia untuk harddisk notebook. 

Dengan transaksi ini, Toshiba juga memperkirakan keuntungan dari unit bisnis harddisk mereka naik menjadi sekitar 600 miliar Yen atau 6,5 miliar dolar AS di Maret 2013 mendatang. Toshiba juga memasang target untuk menguasai pasar harddisk sebesar 20 persen di tahun 2015.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024