Indonesia Minta AS Dukung Reformasi IMF

VIVAnews - Pemerintah Indonesia mengharapkan dukungan penuh Amerika Serikat dalam reformasi lembaga keuangan internasional seperti IMF dan Bank Dunia. Peran AS selaku stake holder utama sangat penting untuk mendorong peningkatan cadangan dana lembaga-lembaga ini.

"Karena dia (AS) major stake holder di situ, bisa menentukan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung Departemen Keuangan, Jakarta, Rabu 18 Februari 2009.

Menkeu menjelaskan dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, dari sisi ekonomi, pemerintah memiliki dua agenda utama. Pertama, masih menyangkut krisis ekonomi global. "Tentunya kita mengharapkan dari Amerika segera recovery sehingga tidak mempengaruhi keseluruhan kesehatan perekonomian dunia," kata dia.

Kedua, ada beberapa agenda reformasi yang sebelumnya sempat dibahas pemerintah dengan Bank Pembangunan Asia, salah satunya menyangkut tambahan general capital increase. Kemudian perubahan yang terjadi di IMF, dan Bank Dunia.

"Kita butuh support dari Amerika. Karena dia sebagai major stake holder di situ, bisa menentukan dan mungkin dari sisi pertukaran, lembaga-lembaga ini memiliki peranan yang perlu untuk didefinisikan kembali dalam konteks global, itu bagus untuk ditukarpikiran," kata Menkeu.

Selaku ketua Working Group IV dalam G-20, Menkeu mengatakan, fungsinya chairman bersama-sama dengan Prancis untuk mereformasi bank-bank pembangunan dunia seperti World Bank, ADB, Inter American Development Bank, dan African Development Bank.  "Jadi peranan Amerika sebagai stake holder yang sangat penting bagi lembaga-lembaga itu tentu sangat penting mendorong reserve,"  katanya.

Terkait hubungan bilateral AS-Indonesia, pemerintah berharap Amerika bisa membuat Asia sebagai bagian dari solusi persoalan ekonomi global, supaya Indonesia menjaga momentum pertumbuhannya tetap baik. "Supaya momentum ekonomi growthnya tetap baik, maka seluruh komponen untuk confidence terhadap neraca pembayaran, terhadap APBN harus terus tetap dijaga.  Amerika sekarang ini kalau sakitnya masih lama, selalu menimbulkan guncangan terhadap neraca pembayaran APBN," ujarnya.

Karena itu, pertemuan ini akan menjadi kesempatan yang baik untuk menyampaikan kepada Hillary agar sumber persoalan di Amerika tidak menimbulkan dampak ke Asia, terutama ke Indonesia. "Mungkin dibuat suatu mekanisme supaya itu bisa diminimize," ujar dia.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024