Tahun Ini Depnakertrans Kirim 55 Ribu TKI

VIVAnews - Dinas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi menargetkan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia pada tahun 2009 sebanyak 55 ribu orang, dengan tujuan negara pengiriman seperti Jepang, Eropa, Amerika dan Timur Tengah.

Karena itu, menurut Kepala Disnakertrans NTB Agus Patria, untuk mengantisipasi meningkatnya angka deportasi yang sering dialami TKI Indonesia karena beberapa hal, Dinas akan Disnakertrans NTB akan mengevaluasi tenaga kerja Indonesia asal NTB yang  dikirim ke sejumlah negara tujuan.

Masalah lain yang menyebabkan TKI di deportasi adalah meningkatnya TKI illegal. "Kami akan menempatkan petugas di pintu keluar seperti pelabuhan dan bandara, lebih ketat lagi," ujar Agus Patria, Kamis, 19 Februari 2009. "Dengan demikian diharapkan angka deportasi yang disebabkan oleh TKI illegal dapat berkurang,"

Sebelumnya, 549 Tenaga Kerja Indonesia asal NTB dideportasi dari Malaysia selama dua bulan terakhir. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)NTB mencatat selama bulan Januari jumlah TKI asal NTB yang dideportasi sebanyak 345 orang, dan  pada Februari mencapai 204 orang.

Mereka dideportasi karena beberapa hal, diantaranya  melarikan diri dari majikannya, habis masa kontrak, gaji yang tidak sesuai dengan perjanjian kontrak kerja. Krisis ekonomi global juga dinilai menjadi faktor.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024