Bank Sentral AS Keluarkan Laporan Suram

VIVAnews - Bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve, memprediksi ekonomi AS akan kian menurun tahun ini, dan tingkat pengangguran akan meningkat.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Fiorentina vs AC Milan di Serie A

Menurut proyeksi The Fed, yang dipublikasikan Rabu 18 Februari 2009, tingkat pengangguran di AS akan naik menjadi antara 8,5 hingga 8,8 persen tahun ini. Pada prediksi sebelumnya (dikeluarkan pertengahan November), tingkat pengangguran akan meningkat antara 7,1 hingga 7,6 persen.

The Fed juga yakin bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi tahun ini akan menurun sebesar 0,5 hingga 1,3 persen. Pada prediksi sebelumnya, ekonomi akan melemah sebesar 0,2 atau naik 1,1 persen.

Kali terakhir ekonomi mengalami penurunan untuk satu tahun penuh adalah pada 2001 lalu, sebesar 0,2 persen. Jika prediksi terbaru The Fed ini tepat, maka tingkat pertumbuhan ekonomi menunjukkan kondisi paling lemah sejak 1982. Pada saat itu AS mengalami resesi parah sehingga pertumbuhan ekonomi merosot 1,9 persen.

Prediksi suram mewakili meningkatnya korban akibat krisis perumahan, kredit macet, dan krisis keuangan yang terjadi setelah Depresi Besar tahun 1930-an. Semua peristiwa buruk tersebut membuat AS jatuh ke dalam resesi ekonomi yang kini memasuki tahun kedua.

Dalam dokumen berisi prediksi ekonomi, The Fed mengatakan proses penyembuhan ekonomi akan berlangsung terus-menerus dan butuh waktu lama.

Dengan latar belakang tersebut, tingkat pengangguran yang kini berada pada level 7,6 persen- level tertinggi dalam enam belas tahun terakhir, akan terus meningkat dan untuk beberapa waktu akan bertahan di posisi tersebut.

The Fed mengantisipasi bahwa pengangguran akan secara substansial lebih banyak daripada biasanya pada akhir 2011. Bahkan jika persoalan ekonomi berkurang, tingkat pengangguran masih berada di level atas.

Prediksi The Fed adalah, tingkat pengangguran akan berada antara 8 dan 8,3 persen tahun depan, dan antara 7,5 dan 6,7 persen pada 2011. Semua prediksi tersebut lebih buruk daripada yang diperkirakan The Fed sebelumnya. Kisaran normal untuk tingkat pengangguran adalah sekitar 5 persen. (AP)

Rumah dua lantai di Pasar Minggu, Jaksel jadi korban amukan sijago merah

Rumah Dua Lantai di Pasar Minggu Jaksel Ludes Terbakar, Satu Orang Tewas

Kebakaran diduga dari korsleting listrik.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024