Arogansi DPR Atas Pertamina

Dewan Tak Bisa Ganti Dirut Pertamina

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengatakan, kewenangan mengganti direktur utama PT Pertamina (Persero) bukan legislatif. Melainkan pemerintah selaku pemegang saham Pertamina.

"Usulan boleh saja, tetapi keputusan di tangan pemerintah," ujar Purnomo usai membuka Workshop Konservasi Energi di Hotel Gran Melia, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis 19 Februari 2009.

Menurut dia, dalam proses pergantian direktur utama, ada prosedur-prosedur yang harus dilalui seperti uji kelayakan dan kepatutan hingga penyeleksian oleh Tim Penilai Akhir. 

Kendati demikian, Purnomo belum bisa memberikan komentar mengenai perseteruan antara anggota Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat dengan Pertamina. "Terus terang saya belum mendapat laporan apa yang sebenarnya. Saya tidak mau spekulasi," kata dia.

Purnomo mengatakan, akan meminta laporan langsung dari jajaran direksi Pertamina yang ikut dalam rapat dengar pendapat di Komisi Energi pada 10 dan 16 Februari lalu.

Pertamina telah melayangkan surat teguran kepada Dewan atas substansi rapat mengenai fungsi pengawasan Pertamina yang sudah berubah. Bahkan salah satu anggota Dewan sempat mengeluarkan pertanyaan Karen Agustiawan tak layak memimpin Pertamina. Selain itu, Dewan juga mengatakan Karen tak lebih dari seorang satpam. Ini yang membuat Karen tersinggung.

Namun, surat yang dilayangkan Pertamina itu membuat Dewan marah. Sehingga pada rapat 16 Februari, Dewan menundanya dengan alasan Pertamina tidak kooperatif.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024