Gairah Surut Setelah Melahirkan

Tanya:
Saya (27) ibu seorang balita berusia 8 bulan. Setelah melahirkan hingga kini, saya merasa sangat sulit bergairah. Apalagi, sampai saat ini saya masih belum dapat memisahkan anak dari saya. Kami masih tidur bersama, karena pada malam hari biasanya ia bangun dan menangis.

Akibatnya, saya sering menolak jika suami mengajak bercinta. Jika pun melakukan hubungan seks, saya merasa sakit di bagian organ intim, karena lecet. Saya takut jika hal ini berlangsung terlalu lama, bisa membuat perkawinan saya retak. Apa yang harus saya lakukan?

trixxx@gmail.com

Jawab:
Minat terhadap seks tidak dapat dipisahkan dari masalah hormonal. Pada saat sesudah melahirkan, seorang wanita mengalami perubahan hormonal yang cukup besar di dalam tubuhnya.

Apalagi jika wanita tersebut menyusui. Pada saat menyusui, hormon yang diperlukan untuk kegiatan menyusui berada dalam tingkat yang paling tinggi. Sementara itu, jumlah estrogen akan menurun, sehingga dengan sendirinya minat untuk bercinta akan surut juga.

Pengaruhnya akan juga terasa pada proses lubrikasi. Tak heran jika Anda mengalami lecet atau luka sehabis bercinta, karena kurangnya cairan lubrikasi. Tidak ada gairah juga akan menimbulkan kesulitan dalam mencapai orgasme. Penyebab lain yang mungkin adalah longgarnya otot-otot liang vagina setelah melahirkan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan latihan kegel yang bertujuan mengencangkan otot-otot di seputar liang vagina dan dasar panggul. Latihan ini sangat mudah dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Cobalah dulu mengidentifikasi otot-otot vagina Anda, lalu mulailah berlatih.

Jangan menuruti perasaan Anda yang selalu enggan untuk melakukan hubungan seks.. Gunakan pelumas buatan, untuk mencegah rasa sakit di bagian organ intim.

Jika hasrat bercita tidak muncul juga, masalah perubahan hormonal di dalam tubuh Anda tentunya perlu juga diatasi. Untuk itu, berkonsultasilah secara langsung kepada dokter ahli ginekologi.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
Polda Bali bersama bidang metrologi dan tertib niaga Disperindag kota Denpasar sidak SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Polisi melakukan sidak ke SPBU di sekitar Denpasar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024