Depdag Umumkan Tata Niaga Impor Baja

VIVAnews - Produsen baja boleh sumringah. Siang ini pukul 14.00 WIB, Departemen Perdagangan mengumumkan ketentuan tata niaga impor baja.

Meski tanpa Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu yang masih di Australia, pengumuman melalui konferensi pers itu akan diwakilkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Departemen Perdagangan Diah Maulidia dan akan dihadiri Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka Departemen Perindustrian Anshari Bukhari, Indonesian Iron and Steel Industry Asociation (IISIA), dan perwakilan Kadin Indonesia.

Departemen Perdagangan telah menyetujui usulan Departemen Perindustrian dan asosiasi produsen dan pengguna baja untuk mengatur kebijakan impor baja melalui mekanisme tata niaga.

Sebelumnya diberitakan, menurut Anshari, sejak lima bulan yang lalu Depperin mengajukan usulan ini. Tata niaga impor baja itu akan mengatur importir baja harus melalui persyaratan Importir Terdaftar (IT) dan Importir Produsen (IP).

Namun, kata dia, berbeda dengan Permendag No.56/2008 yang mengharuskan impor lima produk tertentu hanya melalui lima pelabuhan. "Impor baja harusnya bisa melalui pelabuhan mana saja," ujar Anshari.

"Hanya, harus melalui IT dan IP. Selain itu juga ada mekanisme verifikasi melalui surveyor yang ditunjuk pemerintah," dia menambahkan.

Anshari menuturkan, ketentuan itu tidak berlaku untuk semua produk baja dan besi. "Hanya untuk baja yang sudah bisa diproduksi di Indonesia. Sedangkan yang belum diproduksi, seperti stainless steel dan baja untuk komponen otomotif tidak ikut tata niaga," katanya.

Sehingga, kata dia, dalam ketentuan tersebut akan ditentukan baja mana saja beserta nomor HS yang diwajibkan mengikuti mekanisme tata niaga ini.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024