Pemerintah Ubah Bea Masuk 35 Pos Tarif

VIVAnews - Pemerintah menurunkan tarif bea masuk bahan baku untuk industri minuman, bahan baku industri kimia dan bahan baku untuk industri kecil kerajinan perak. Penurunan ini ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 19 /PMK.011/2009 tertanggal 13 Februari 2009.

Latar belakang ditetapkannya PMK ini adalah guna mendukung sektor riil dalam menghadapi krisis. Tarif bea masuk menjadi andalan sebagai instrumen fiskal dan sekaligus sebagai instrumen pengembangan industri, sehingga diharapkan keputusan ini bisa memberi kesempatan pada industri dalam negeri untuk lebih meningkatkan daya saing.

Dalam PMK itu seperti siaran pers yang ditandatangani Kepala Biro Humas Departemen Keuangan Harry Z Soeratin, Jumat 20 Februari 2009, ditetapkan perubahan tarif bea masuk atas 35 pos tarif (HS 10 digit). Perubahan tersebut merupakan kombinasi penurunan dan kenaikan tarif.

Harry mengatakan, kebijakan penurunan tarif itu didasarkan atas pertimbangan bahwa produk-produk itu dibutuhkan sebagai bahan baku industri hilir.

Selain itu dalam peraturan ini juga ditetapkan kebijakan menaikkan tarif pada produk tertentu. Produk-produk yang dinaikkan tarif bea masuknya adalah industri minuman, industri kimia, industri logam yang terkait dengan kawat dan paku dan industri alat-alat mesin pertanian.

Kebijakan menaikkan tarif ini diambil sebagai langkah untuk memberikan perlindungan sementara terhadap beberapa produk jadi yang diproduksi industri hilir dalam menghadapi serbuan produk-produk impor.

Menurut Harry keputusan untuk melakukan perubahan tarif bea masuk itu merupakan percepatan dari pelaksanaan Program Harmonisasi Tarif Bea Masuk Indonesia yang semula ditargetkan dicapai pada 2010. "Ini dipercepat karena adanya ancaman krisis global," ujar Harry.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024