Atasi Kondisi Darurat di Rumah

VIVAnews – Masalah listrik atau pipa saluran air di rumah bukan hanya urusan para suami. Anda juga sebaiknya tahu cara mengatasi masalah kelistrikan dan sebagainya, sehingga bisa mengatasinya sendiri saat terjadi kondisi darurat.

Saluran pembuangan tersumbat
Saluran pembuangan air di zink dapur yang tersumbat memang sangat merepotkan. Air kotor tidak akan bisa mengalir dan bisa meluber. Untuk mengatasinya, bersihkan saringan pembuangan. Biasanya saluran mampet karena ada kotoran yang menyumbat. Gunakan air panas dan cairan pembersih agar kotoran yang menyumbat cepat luruh.

Untuk mencegah saluran tersumbat, Anda harus selalu rajin membersihkannya. Tiap dua minggu sekali, cuci saluran dengan cuka dan baking soda. Cuka akan meluruhkan kerak dan kotoran yang menempel.

Listrik
Kebakaran akibat korsleting listrik sering terjadi. Terbatasnya jumlah stop kontak di rumah sering membuat kita menggunakan stop kontak tambahan misalnya stop kontak T atau berupa kabel ulur. Padahal hal itulah yang memicu korsleting.

Batasi penggunaan alat listrik secara bersamaan dalam satu stop kontak. Penggunaan beberapa alat sekaligus dalam satu stop kontak bisa mengakibatkan beban lsitrik berlebih dan terjadi korsleting. Jangan lupa memakai stabilisator pada peralatan elektronik seperti komputer dan sebagainya. Sehingga saat listrik padam, peralatan elektronik Anda tidak cepat rusak.

Jangan biarkan kabel peralatan elektronik berserakan. Ikat supaya rapi dan tak menyebabkan tersandung. Hindari ujung kabel terkena air yang bisa menyebabkan korsleting.

Pemasangan stop kontak di bagian baah dinding memang membuat tampilan rumah lebih praktis dan rapi. Tapi, jika Anda memiliki anak kecil, hal itu bisa membahayakan. Sebaiknya gunakan stop kontak yang memiliki pengaman atau penutup otomatis.

Tips: Untuk membantu penerangan saat listrik padam, sebaiknya Anda menggunakan senter atau lampu mini dengan energi baterai. Jangan memilih lilin sebab risikonya menimbulkan kebakaran sangat besar. Simpan senter dan lampu mini di tempat yang mudah dijangkau seluruh anggota keluarga. Jangan lupa mengembalikan senter di tempatnya sehingga sewaktu-waktu diperlukan, Anda tak repot mencari.

Tabung asap
Siapkan tabung asap jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran. Letakkan tabung asap di dekat tempat yang berisiko tinggi terjadi kebakaran, misalnya di area dapur. Pasang tabung di tempat yang mudah terlihat, misalnya di dinding yang bebas dari tumpukan barang. Jangan menyimpan tabung asap di lemari yang tertutup. Pastikan seluruh anggota keluarga mengingat tempat meletakkannya.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya
Pelita Air datangkan Airbus 320.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Corporate Secretary Pelita Air, Agdya Yogandari mengatakan, Pelita Air berhasil mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan saat arus balik Lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024