Prosesor Mobile

Nvidia Masih Tertarik VIA Nano

VIVAnews - Meski menyatakan ketertarikannya pada platform berprosesor Intel Atom, Nvidia Corp. juga ternyata masih berminat membuat netbook yang menggunakan prosesor buatan VIA Technologies. Tampaknya, perusahaan berbasis di Taiwan itu akan mengumumkan sistem berbasis VIA Nano dalam platform Ion yang akan hadir 2009 ini.

Jen-Hsun Huang, President and Chief Executive Officer Nvidia pada interviewnya dengan DigiTimes, 20 Februari 2009 menyatakan bahwa Nvidia akan meluncurkan platform netbook Ion yang menggunakan mikroprosesor VIA Nano. “Platformnya sedang dalam pengerjaan,” ucapnya.

Sangat menarik untuk disimak karena Nvidia dan VIA sebelumnya sudah mendemonstrasikan platform berbasis Nano/GeForce 9400 di ajang Computex 2008. Dari sisi kemampuan, platform tersebut mendukung grafis DirectX 10, kontroler memori DDR2/DDR3, dan fitur lainnya. Meski begitu, apa yang sedang dipersiapkan Nvidia untuk 2009 ini masih tetap misterius.

Nvidia dan VIA telah membicarakan kerjasama di bidang netbook sejak awal tahun 2008. Tetapi di November lalu, kedua perusahaan memutuskan untuk membatalkan kerjasama mereka tanpa alasan yang dipublikasikan.

VIA Technologies, yang gagal membuat prosesor Nano-nya populer tentu tertarik dengan dukungan oleh Nvidia yang lebih dikenal di industri komputer. Sementara itu, Nvidia juga tampaknya belum berhasil menjadi pemasok chipset kelas atas untuk platform Intel Atom.

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya
Dua Mobil Premium BMW Bakal Jadi Kendaraan Antar Jemput Pasien RS

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Salah satu diler resmi BMW Indonesia, BMW Bestindo melakukan kerja sama dengan RS Premier Bintaro (RSPB) untuk menghadirkan pelayanan Luxury Shuttle Service.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024